Walikota Gunungsitoli Membuka Musrembang RKPD Kota Gunungsitoli Tahun 2025

43

GUNUNGSITOLI (Sumut) Ketikberita.com | Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2025, bertempat di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Selasa (27 Februari 2024).

Tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2025 yang telah dirumuskan adalah “Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Strategis Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah”, sehingga Musrenbang Kota Gunungsitoli Tahun 2024 ini merupakan forum strategis antar pelaku pembangunan, diharapkan mampu menjaga konsistensi usulan prioritas pembangunan sebagaimana yang telah disepakati bersama dalam berbagai forum penjaringan aspirasi masyarakat dengan melandasi permasalahan dan isu strategis daerah maupun nasional.

Dalam arahannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2025 sebagai tahun ke-IV (empat) dalam RPJMD Kota Gunungsitoli periode 2021-2026 adalah penguatan ekonomi serta pengembangan infrastruktur kewilayahan strategis untuk mendukung perekonomian masyarakat dengan prioritas pembangunan daerah.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Agustinus Panjaitan yang mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara beserta rombongan, sekaligus kepada narasumber yang berkenan hadir pada Musrenbang ini sehingga dapat melihat dari dekat dinamika yang berkembang dalam proses penjaringan aspirasi masyarakat Kota Gunungsitoli”, pungkasnya mengakhiri.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Agustinus Panjaitan, S. SiT, MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini tidak hanya sekedar formalitas, tetapi harus betul-betul membahas substansi perencanaan tahunan, sehingga perencanaan tahun 2025 dapat tersusun dengan baik dan tepat sasaran,yang pada akhirnya apa yang akan diharapkan oleh masyarakat benar-benar dapat terwujud.

“Saya berharap bahwa pemerintah Kota Gunungsitoli mengoptimalkan forum ini sebagai bagian dari penajaman permasalahan, isu strategis dan kebijakan perencanaan pembangunan ke depan,” ungkapnya antusias.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Bappelitbang Kota Gunungsitoli Tomy Mari Wijaya Zebua, ST dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Gunungsitoli Tahun 2025 adalah:

1. Membahas rancangan akhir RKPD Kota Gunungsitoli Tahun 2025 dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan daerah, indikator kinerja, program dan kegiatan prioritas daerah.
2. Menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 serta sasaran dan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2025.
3. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada saat pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan.

Narasumber Musrenbang Kota Gunungsitoli Tahun 2024 ini adalah:

1. Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Provinsi Sumatera Utara Dr. Ihsan Azhari, S.Sos, M.SP.
2. Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli Karya Septianus Bate’e, SSTP., MAP.

Hadir, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu, para Asisten, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah se-Kota Gunungsitoli, Pimpinan Ormas/ OKP/ LSM/ Organisasi Profesi/ Organisasi Keagamaan, Tokoh Masyarakat/ Tokoh Agama/ Tokoh Budaya/ Tokoh Perempuan/ Tokoh Pemuda, dan hadirin lainnya. (Wardiy)