Wakil Walikota Pimpin Apel Siaga ST2023 yang Digelar BPS Kota Gunungsitoli

119

GUNUNGSITOLI, (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka menggerakkan kesadaran, kesiapan, dan komitmen jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) terhadap pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023), BPS Kota Gunungsitoli menggelar Apel Siaga ST2023 dengan mengusung tema “Mencatat Pertanian Indonesia dan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”.

Apel di pimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si, bertempat di Halaman Kantor BPS Kota Gunungsitoli, Jalan Arah Puskesmas No. 9 Dusun III, Desa Hilinaa, Rabu (31 Mei 2023).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang akan memasuki tahap paling penting dalam ST2023, yaitu pelaksanaan pencacahan lengkap. Data statistik dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh dikumpulkan melalui kegiatan Sensus Pertanian.

Sektor pertanian merupakan sektor yang dapat memberikan kontribusi pada perekonomian nasional. Fenomena masih terbukanya penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian, tingginya sumbangan devisa yang dihasilkan dari berkembang pesatnya sektor agribisnis maupun penghasil bahan baku bagi industri hilir yang mengolah hasil pertanian, menunjukkan bahwa sektor pertanian dapat bertahan dalam masa pandemi Covid 19.

Sektor pertanian juga merupakan penyokong ekonomi daerah, pertanian jadi sektor ketiga yang berkontribusi besar terhadap PDRB Kota Gunungsitoli Tahun 2022 yakni mencapai 14,94 persen.

“Saya mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 dan meminta kepada seluruh petugas lapangan untuk melakukan tugas sebaik mungkin dan mari kita sukseskan kegiatan sensus ini. Saya ucapkan terima kasih dan selamat menjalankan tugas yang diamanahkan serta tetap memperhatikan keselamatan ketika di lapangan. Mari kita kobarkan semangat untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023!,” tutup Sowa’a mengakhiri sambutannya.

Turut hadir Kadis Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli, mewakili Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli. (Wardiy)