Wakil Ketua KPK Sambut Baik Dirut Perumda Tirtanadi Laksanakan Program SMAP

109

MEDAN ketikberita.com | Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron meyambut baik program Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtanadi Kabir Bedi yang telah melaksanakan program pencegahan korupsi di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khususnya di Perumda Tirtanadi.

Hal itu terlihat ketika Kabir Bedi memaparkan capaian Perumda Tirtanadi dan program anti penyuapan yang telah dilaksanakan Tirtanadi dihadapan Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hasanudin bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ketika menyambangi stand Perumda Tirtanadi pada pembukaan Roadshow Bus KPK yang berlangsung di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada Kamis (26/10/2023) yang lalu, Nurul ghufron dan Hasanudin memberikan apresiasi kepada Dirut Kabir Bedi.

Kabir Bedi ketika dihubungi wartawan melalui ponselnya Minggu (29/10/2023) mengatakan Perumda Tirtanadi sejak 2021 sudah melaksanakan aplikasi sistem keuangan akuntansi berbasis web, aplikasi E-Procurement, pembacaan meter berbasis android dan aplikasi whistle blowing system

Selanjutnya kata Kabir Bedi pada tahun 2022 sudah dilaksanakan implementasi good corporate governance serta memperoleh sertikifat ISO 37001 : 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

“Kita sudah laksanakan program KPK yang diantaranya Sistem manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di Tirtanadi dan sistem keuangan yang berbasis web sehingga di Tirtanadi tidak ada lagi kebocoran keuangan dan penyuapan karena semuanya sudah terprogram,”ujar Kabir Bedi.

Lebih jauh Kabir Bedi menyampaikan terkait adanya pemberitaan di media online tentang dana penyertaan modal sebesar Rp 73,2 miliar dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bahwa dana tersebut masih utuh dan tersimpan di salah satu bank pemerintah, yang nantinya akan digunakan untuk uprating pada Instalasi Pengolanhan Air Minum (IPAM) Sunggal dan Delitua.

“kita sangat hati – hati sekali menggunakan uang negara ini dan proses pelelangan Uprating IPA Sunggal dan IPA Deli Tua akan dilakukan secara baik dan benar serta transparan”ungkap Kabir Bedi yang juga Ketua Aquatik Sumut ini. (red)