Waka Polres Langsa Ajak Mahasiswa IAIN Langsa Memahami Radikalisme

59

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Waka Polres Langsa Kompol Ichsan, SH mengajak mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa untuk menangkal pemahaman radikalisme dan intoleransi generasi Z.

Ajakan itu disampaikannya saat memberikan paparan materi pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara virtual, Selasa (31/8/2021).

Menurut Waka Polres, usia remaja sangat rentan terjadi penularan tentang paham radikal dan anti pancasila, mengingat diusia tersebut merupakan masa yang penuh dengan permasalahan.

“Ini sesuai dengan Statmen yang dikemukakan oleh bapak Psikologi remaja yaitu Stanley Hall yang menyebutkan, masa remaja merupakan masa badai dan tekanan,”tandas Waka Polres.

Lanjut Waka Polres, sikap radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme yang akan berdampak pada gangguan Kamtibmas.

Waka Polres juga menambahkan, terdapat tiga hal yang sangat penting untuk menangkal generasi muda dari paham radikalisme dan intoleransi yaitu lewat pendidikan, perhatian penuh keluarga dan komunitas atau lingkungan sekitar.

“Tiga komponen ini merupakan pilar utama yang harus betul-betul adik-adik diperhatikan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, semoga mahasiswa menjadi agen perubahan dalam mencegah paham radikal dan intoleransi,”jelas Waka Polres. (AA)