Wabup Sergai Adlin Tambunan Tinjau Pasar Rakyat, Sorot Beberapa Aspek

151

SERGAI (Sumut) ketikberita com | Fungsi pasar sebagai salah satu penyokong utama perekonomian rakyat disadari betul oleh Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan.

Hal ini terlihat saat dirinya dan pihak terkait dari beberapa OPD melakukan kegiatan peninjauan kondisi Pasar Rakyat yang ada di Kecamatan Perbaungan, Kamis (25/03/2021).

Dalam kunjungannya di areal pasar tradisional ini, ada beberapa aspek yang mendapat perhatian Wakil Bupati, meliputi pengelolaan sampah, sarana-prasarana, lahan parkir, area kios hingga penerapan protokol kesehatan (prokes).

Serap aspirasi dan keluhan dari masya rakat secara langsung, sebut Adlin, jadi alasan utama kehadiran pihaknya.

“Hari ini kita meninjau kondisi Pasar Rakyat untuk melihat dan mendengar secara langsung di lapangan bagaimana aktivitas perekonomian masyarakat kita di pasar ini. Ada beberapa aspek yang menjadi catatan, salah satunya masalah pengelolaan sampah yang masih belum maksimal. Bisa dilihiat dari sampah yang menumpuk di banyak titik,” kata Adlin.

Menurutnya, permasalah sampah ini mesti ditanggapi secara serius dari pihak-pihak yang berwenang termasuk OPD terkait. Ia ingin masalah sampah, seperti halnya perparkiran, kondisi sarana-prasarana dan yang lainnya, dapat ditanggulangi sesegera mungkin.

“Dengan baiknya sarana-prasarana penunjang, kebersihan lingkungan pasar, keamanan serta kenyamanan, diharap kan mampu memajukan perekonomian saudara-saudara kita yang jadi pedagang di Sergai karena masyarakat akan merasa nyaman dan tenang berbelanja di sini,” jawabnya.

Selain itu, dalam kesempatan kunjungan nya ini Wabup Adlin pun tak lupa memantau implementasi prokes. Ia pun tampak menyosialisasikan pentingnya prokes kepada seluruh pedagang sembari membagi-baikan masker gratis kepada pedagang dan pengunjung pasar yang tidak memakai pelindung diri di masa pandemi itu.

“Penerapan prokes sudah tampak dilaku kan di Pasar Rakyat ini, namun harus diakui hasilnya belum maksimal. Kita harus giatkan terus sosialisasi penera pan prokes agar dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 dan Kabupaten Sergai dapat kembali masuk ke dalam zona hijau,” tutup Wabup.

Dalam kegiatan ini, Wakil Bupati juga didampingi oleh Kepala Dinas Perindus trian dan Perdagangan H. Karno, SH, MAP dan Plt. Camat Perbaungan Dra. Sri Rahayu. (AfGans)