Wabup Sabar AS buka MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman

369

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.S.Ag.M.Si menghadiri sekaligus membuka Secara resmi MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2022 di Kecamatan Rao Utara, Senin (17/10). Turut dihadir juga Forkopimda, Anggota DPRD Prov.Sumbar, Anggota DPRD Kab.Pasaman, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari Se Kabupaten Pasaman.

Pelaksanaan MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman ini merupakan langkah upaya mewujudkan Pasaman Beriman dan Bertaqwa, salah satu dari 10 program prioritas pembangunan tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pasaman, sebut Wabup Sabar AS.

Lebih lanjut disampaikan Sabar bahwa MTQ merupakan kegiatan telah melekat dalam kultur masyarakat, memiliki daya tarik ruang tersendiri dalam kehidupan, mampu menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat memotivasi mempelajari memahami Alquran sehingga memunculkan Qori Qoriah terbaik,” Ujarnya.

Kemudian pelaksanaan MTQ ini salah satu wujud nyata dukungan partisipasi seluruh Unsur, Pemerintah, Masyarakat, Ninik Mamak,Alim Ulama, Cadiak pandai, Bundo Kanduang serta berbagai elemen menyatu dalam mewujudkan VISI Pemkab Pasaman Terwujudnya Masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat, “Tuturnya.

Untuk memotivasi para kafilah Pemkab Pasaman menyediakan bonus / uang pembinaan. Dimana kepada kontingen kafilah Kecamatan yang berhasil meraih juara umum, Peringkat II dan Peringkat III diberikan hadiah berupa uang pembinaan untuk LPTQ Kecamatan,” Ucapnya.

Khusus kepada Dewan Hakim / Juri agar melaksanakan tugas dengan profesional menjunjung tinggi nilai nilai sportivitas dan adil tanpa ada intervensi dari pihak manapun dan ” Selamat ber musabaqah kepada segenap Kafilah MTQ, ‘ Ucapnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Pasaman Drs.H. Mara Ondak, MM kepada awak media menyampaikan MTQ ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2022 ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Bupati Pasaman Nomor. 188.45/419/BUP-PAS/2022 tentang penunjukan Kecamatan Rao sebagai tuan rumah penyelenggara.

Jadwal pelaksanaan MTQ tanggal 17 s/d 19 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 1.299 orang terdiri Kafilah 624, Offisial 360, panitia pelaksana 130, Dewan Hakim 129 dan Tim Kerja 56 orang,” Ujarnya.

Dimana salah satu Tujuan diselenggaranya MTQ memasyarakatkan Quran melalui peningkatan pemahaman pendalaman dan pengamalan isi kandungan Alquran serta meng aktualisasikan falsafah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandikan Kitabullah dalam kehidupan sehari hari, “Sebut Maraondak.

Terakhir disampaikan nya Semboyan MTQ Nasional ke 50 Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2022 ini ” 5 SUKSES ” Yakni Sukses penyelenggaraan, Sukses Partisipasi, Sukses Prestasi, Sukses Implementasi dan Sukses Administrasi, ” Tutupnya. (Abdi)