Wabup Pasaman Pimpin Rapat Upaya Majukan Ekonomi kerakyatan

260

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Tidak hanya program pengembangan percepatan wisata Pasaman digenjot tetapi program prioritas pembangunan lainnya untuk memajukan ekonomi kerakyatan khususnya disektor pengelolaan pertanian ditingkatkan juga. Hal ini disampaikan Wabup Pasaman Sabar AS kepada awak media Jumat (14/10) sebelum berangkat kunjungan kerja ke Kecamatan Dua Koto.

Lebih lanjut disampaikan Wabup Sabar bahwa Kemaren kamis (13/10) saya memimpin rapat yang kedua kali terkait penyikapan kondisi kelangkaan pupuk bersubsisi di Kab Pasaman serta melakukan pemetaan masalah dan mencari osolusi tindak lanjutnya. Maka terdapat langkah tindak lanjut yang segera dilakukan percepatan peroses Kartu Tani dan mesin EDC sesuai kebijakan KemenTan RI.

Kemudian menambah kuato pupuk untuk kebutuhan Kabupaten Pasaman sehingga ketersediaan lebih memadai., “Ujarnya.

Selanjutnya dilakukan Sosialisasi intensif kepada petani terkait kondisi pupuk terkait dosis sesuai RDKK dan maupun jumlah kuato yang tersedia dan Pola distribusi pupuk oleh agen/ Kios yang efektif dan pengawasan maksimal. Akan dilakukan evaluasi berkala dengan meningkatkan paran tugas KP3/ Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida,” Tuturnya

Sekretaris Dinas Pertanian Prasetyo saat dihubungi awak media menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi dihadiri oleh Sekda, Dinas Pertanian, Dinas Perindag, Bagian Perekonomian, Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping, Polres Pasaman, semua Distributor pupuk dan Bank Mandiri.

Dimana melalui revisi permentan no 10 th 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian terjafi perubahan yg mendasar tentang cara penetapan alokasi pupuk, pada peraturan sebelumnya berdasarkan rdkk namun pd peraturan yg terbaru alokasi pupuk ditetapkan berdasarkan kebutuhan pupuk perorangan. Jadi kedepan dg penetapan alokasi perorangan ini akan memperkecil penyimpangan pupuk krn pengambilan pupuk juga didasarkan pd kartu tani yg dimiliki oleh petani,”Ujarnya.

Rapat tersebut dalam rangka Upaya menjaga ketersediaan sarana produksi pertanian di kabupaten Pasaman untuk meningkatnya produksi sebagai lumbung pangan provinsi Sumatera barat,” Tuturnya.

Terakhir Wabup Sabar AS menyampaikan bahwa 10 Program prioritas pembangunan akan selalu diupayakan antar lain wujudkan Pasaman BerImtaq, Pasaman Berbudaya, Pasaman Cerdas, Pasaman Sehat, Pasaman Terakses, Pasaman Tanggap Bencana, Pasaman Memajukan Ekonomi Kerakyatan, Pasaman Tujuan Wisata, Pasaman Berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta Pasaman Berkinerja Baik,” Tutupnya. (Abdi)