Wabup Nias Menghadiri Pelaksanaan BBGRM Tahun 2022

201

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati (Wabup) Nias, Arota Lase, A.Md mengikuti Pelaksanaan Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022. Kegiatan ini dipusatkan pada di Desa Hiliwaele II menuju Desa Sisobahili Dola, Kecamatan Botomuzoi, Kabupaten Nias. Jumat, (04/11/2022).

Seperti diketahui bahwa agenda rutin tahunan ini diatur dalam Permendagri No 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong-royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat.

Wakil Bupati Nias menegaskan agar kegiatan ini dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan semangat gotong-royong di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara terus menerus dan berkesinambungan.

Kegiatan gotong-royong tersebut turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD se-Kabupaten Nias, Forkopimka Kecamatan Botomuzoi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Seluruh Peserta Kegiatan Gotong-Royong.

Mengawali sambutannya, Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md mengajak semua bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan pertolongan-Nya kita dapat mengikuti Pelaksanaan Kegiatan Gotong-Royong Masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022.

“Gotong-royong adalah nilai luhur bangsa Indonesia yang telah tumbuh, berkembang, dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan dengan tujuan agar setiap tantangan dan gejolak yang dihadapi mampu diatasi dan dilalui dengan semangat kebangsaan yang ditopang oleh nilai kegotongroyongan” terang Wakil Bupati Nias.

Hal ini mempunyai makna adanya sinergitas semangat gotong-royong masyarakat dalam mendukung visi-misi Bupati Nias, yaitu “Kabupaten Nias Maju” demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang sejahtera secara Bersama-sama, harap Wakil Bupati Nias.

Akhirnya, Wakil Bupati Nias berharap bahwa pelaksanaan kegiatan gotong-royong seperti ini terus digelorakan di seluruh wilayah baik Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Nias, dengan tujuan membuka keterisoliran desa-desa sekaligus menjawab tantangan dan permasalahan yang dialami masyarakat kabupaten Nias dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang besar dalam peningkatan pendapatannya.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan 2 (dua) acara tambahan, yakni:
1. Penyerahan Alat Gotong-royong secara simbolis pada Pemerintah Desa berupa Gerobak Sorong, Cangkul dan Parang.
2. Penyerahan Bantuan Sosial bagi Orang Tua Lanjut Usia (LUT) yang terdiri dari 19 (Sembilan belas) orang, dan Anak Terlantar 5 (lima) orang.

Penyerahan ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Nias dengan didampingi oleh Sekda Kabupaten Nias, Camat Botomuzoi dan Kadis Sosial/mewakili. (Wardiy)