Bersama TYI, Rikka, Mahasiswa Megister USU Melakukan Pengadian Masyarakt Di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan

390

KAB. SAMOSIR (Sumut) ketikberita.com | Satu Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen USU Melakukan Pengabdian Masyarakat Di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan bersama Organisasi Tourism Youth Indonesia

Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan ataupun aktivitas yang bertujuan untuk membantu masyarakat, tanpa mengharapkan imbalan, program pengabdian di rancang oleh universitas ataupun organisasi di Indonesia, dengan tujuan mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Begitu banyak kegiatan pengabdian yang ada di Indonesia, salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Rikka Pratiwi Walga, S.AB yang merupakan seorang mahasiswa Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara adalah pengabdian masyarakat di bidang Pariwisata, bersama Tourism Youth Indonesia Rikka melakukan pengabdian di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Tourism Youth Indonesia didiikan oleh Angel Paskodora (Program Studi Destinasi Pariwisata) dan Toni Jeremi Purba (Prodi Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata), Dua mahasiswa Poltekpar Medan ini berhasil mendirikan Yayasan Tourism Youth Indonesia. Yayasan Tourism Youth Indonesia (TYI) adalah sebuah yayasan non pemerintahan yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat dengan pariwisata sebagai sarana utama pengembangan desa di setiap sudut Indonesia.

Program kerja yang berhasil dilakukan diantaranya, Medical Check Up Gratis untuk lansia, Edukasi Kesehatan, Pembuatan Video Vlog Paket Wisata, Pelatihan UMKM, Expo Makanan dan Souvenir, Pelatihan Bahasa Inggris, Edukasi Pola Hidup Sehat dan Bersih, Sosialisasi Sadar Wisata, Sosialisasi Pilah Sampah, Sosialisasi Lawan Hoax, Reboisasi, Clean Up Day serta pembagian perlengkapan sekolah kepada seluruh siswa- siswi SDN 22 Lumban Suhi- Suhi. Program tersebut terlaksana pada 15- 22 Januari 2023 kemarin, waktu yang cukup untuk berdampak di masyarakat.

Kegiatan ini mendapat respon positif dan dukungan dari pemerintah maupun masyarakat setempat, “Mengikuti Kegiatan volunteer bersama TYI di Tourism In Action #1 adalah keputusan terbaik yang saya ambil di tahun 2023, tidak hanya sekedar pengabdian kepada masyarakat tetapi sebelum terjun ke lapangan saya dan teman-teman di bekali ilmu yang luar biasa dari TYI yaitu dengan adanya pembekalan mengenai Sapta Pesona & Desa Wisata, Kelas Public Speaking & Leaderless Group Discus, dan Bedah Tuntas Desa Lumban Suhi Suhi Toruan,

Tidak hanya itu saja volunteer ini adalah kegiatan tingkat nasional, dimana kegiatan ini diikuti oleh pemuda-pemudi seluruh indonesia, dengan mengikuti Volunteer bersama TYI saya mengenal teman-teman dengan latar belakang pendidikan dan kota yang berbeda-beda, ada yang dari pulau jawa, pulau Sumatra, Aceh dll, kami disatukan oleh TYI untuk mengabdi bersama masyarakat dalam membangun pariwisata di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara”.

Semoga TYI makin suskes dan jaya selalu dalam megembangkan pariwisata-pariwisata yang ada di di Indonesia. (Rikka)