Upacara Hari Pahlawan Bentuk Penghargaan Jasa Pahlawan

135

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang pada Rabu (10/11/21). Dengan mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku” upacara ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Rangkaian upacara peringatan dimulai dengan melakukan ziarah di makam pahlawan yang berlangsung pukul 06.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan pada pukul 08.15 WIB.

Dalam upacara tersebut, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita bertindak sebagai Inspektur Upacara. Mewakili Bupati Aceh Tamiang, ia membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang mengajak masyarakat untuk menjadikan pahlawan sebagai inspirator dan motivator dalam meneruskan perjuangan mereka.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa”, ujar Dandim.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain”, ajaknya lagi.

Dalam pada itu juga, turut dibacakan beberapa pesan para pahlawan oleh petugas. Salah satu diantaranya yaitu pesan Ki Hajar Dewantara yang sampai saat ini masih digunakan di dunia pendidikan.

Dengan peringatan Hari Pahlawan, mari Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Sebagai mana ungkapan Ir. Soekarno yang mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”.

Upacara peringatan 10 November ini diikuti oleh Bupati Mursil, SH, M.Kn dan Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST, Ketua DPRK, Suprianto, Kapolres AKBP Imam Asfali, seluruh unsur Forkopimda, serta pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang. (ABS)