UMT & UPI Bandung Kolaborasi PKM dengan Tema STEM

89

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Kajian STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) merupakan salah satu kajian yang sedang dibanyak dikaji dalam bidang pendidikan. Karena itu, Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) berkolaborasi dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengangkat tema mengenai STEM dan game based education.

Kolaborasi itu dilaksanakan pada 10 November 2023 bertempat di kampus UMT yang dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Fisika UPI Dr. Achmad Samsudin, M.Pd dan Sekprodi PGSD UMT Septy Nurfadhillah, M.Pd.

Dr. Achmad Samsudin, Ketua Prodi Pendidikan Fisika UPI Bandung mengatakan kolaborasi ini merupakan implementasi dari MOA yang telah dilakukan pihak UPI dam UMT. “PKM pada semester ini merupakan kolaborasi antar Prodi Pendidikan Fisika (UPI), Prodi Fisika (UPI) dan Prodi PGSD (UMT),” ujarnya.

Dengan Tema besar “STEM (science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan Subtema Peran Pendidikan STEM dalam Mengembangkan Green Industry dan Game Base Education”.

Dia menambahkan pendidikan STEM merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepekaan peserta didik dalam menjaga keberlangsungan alam sekitar. Pelatihan yang dilaksanakan pada mahasiswa UMT oleh tim dosen pengembang STEM di Pendidikan Fisika UPI ditujukan agar kelak mereka dapat menjadi guru yang memilik pengetahuan, sikap, dan kepekaan untuk mengajarkan pada peserta didik dalam menjaga keberlangsungan hidup alam sekitar.

Sementara itu, Irma Rahma Suwarma, Ph.D, Sekprodi Pendidikan Fisika UPI Bandung dan Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si berpesan bahwa kelak mereka harus mampu menciptakan generasi muda yang peka menciptakan green environment di bidang industri maupun energi, dan siap bersaing dengan dunia global.

Pada pelatihan ini, mahasiswa UMT juga memperoleh pengalaman menggali games berbasis STEM yang melatihkan computational thinking bagi siswa SD. Permainan ini dipandu oleh anggota tim lain yaitu: Heni Rusnayati, M.Si, Dr. Hera Novia, Dr. Lina Aviyanti, Nanang Dwi Ardhi, M.T, Dr. Yuyu Rahmat Tayubi dan Drs. Harun Imansyah, M.Ed. dan Candra Puspita Rini, M.Pd.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa UMT memperoleh informasi dan ide dalam menerapkan metode games pada pembelajaran di SD. (mir)