Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0117/Aceh Tamiang Laksanakan Samapta Periodik

469

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Anggota Kodim 0117/Aceh Tamiang melaksanakan Samapta Periodik I TA. 2022, yang dilaksanakan di lapangan Apel Parikersit Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan-Banda Aceh, Desa Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Kamis (19/05/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan prajurit selama berlatih dan membina fisik di satuannya masing masing guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas sehari hari agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Samapta Periodik yang dilaksanakan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M di karenakan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini.

Sebelum pelaksanaan Kesamaptaan priodik, anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis, pemeriksaan tensi oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas Kejujuran Muda dan dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

Kesamaptaan jasmani yang dilakukan pada pagi hari Jam 06:00 Wib sampai selesai dengan meliputi Samapta A yaitu lari 3200 M dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). dan di lanjutkan dengan renang militer dasar di kolam renang Harapan Tirta (Pitung) dengan jarak 50 M.

Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M. Si. yang di wakili Pasi pers Kapten Inf M. Rizal yang memantau langsung pelaksanaan Garjas yang diikuti oleh setengah kekuatan personel Kodim 0117/Aceh Tamiang. Perwira Seksi Personalia Kapten Inf M Rizal menyampaikan agar pelaksanaan Garjas sesuai dengan kemampuan dan tidak boleh di paksakan dan betul betul memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan,” ungkapnya.

Tim Jasmani militer Korem 011/Lilawangsa Serka Pardede berharap garjas dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal kegiatan hingga selesai nantinya sesuai dengan kemampuan masing masing personel. Kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri,” ujarnya. (ABS)