Ujicoba MBG di SDN Bayur, Kadindik: Kotak Makan Bakal Seragam & Disediakan Penyedia

49

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang terus melakukan evaluasi dan kajian terkait kegiatan ujicoba makan bergizi gratis (MBG) di sejumlah SD dan SMP di Kota Tangerang.

Di antara sejumlah evaluasi tersebut adalah rencana penyeragaman wadah makanan, jumlah takaran menu makanan dan variasi rasa dari menu makanan yang disajikan, serta sejumlah evaluasi lainnya.

Hal itu diutarakan H Jamaludin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang saat meninjau ujicoba MBG di SDN Bayur di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Jumat (16/8/2024).

“Alhamdulillah ujicoba MBG tahap kedua yang dimulai dari tanggal 12 Agustus sampai sekarang hingga tiga bulan ke depan banyak evaluasi dan kita kaji pada kesempatan ini,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya di SDN Bayur di kelas 1 hingga kelas 3 ada beberapa anak yang makanannya tidak habis, mungkin karena pola makan belum maksimal. Tetapi pada kelas 4 hingga kelas 6 makanannya dihabiskan semua.

“Makanan hari ini cukup enak, tapi ada beberapa takarannya berbeda-beda ada yang banyak ada yang dibawah 50 gram yang sudah kita tentukan, ini jadi bahan evaluasi bahwa gramasi makanan harus sama,” imbuh Jamaludin.

Kemudian soal rasa makanan pun ditemukan ada yang agak pedas serta wadah makanan yang sudah seragam. “Ke depan, penyedia harus menyiapkan ketika progam ini sudah dilaksanakan. Jadi artinya wadah makanannya seragam, misalkan ada 1.000 siswa, nah itu penyedia harus menyiapkan wadah makanan dengan jumlah itu,” tandasnya.

Jamaludin mengungkapkan kegiatan ujicoba MBG akan terus dilakukan pihaknya di sejumlah SD dan SMP di Kota Tangerang sebagai pembiasaan. Agar ke depan di tahun 2025 saat pelaksanaan MBG, sekolah-sekolah di Kota Tangerang sudah terbiasa dan mampu menjalankan program ini dengan baik. (mir)

Artikulli paraprakPolres Tebing Tinggi Ikuti Giat Silahturahmi dengan Da’i Kamtibmas Sejajaran Polda Sumut
Artikulli tjetërDPRD Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden