Tunjukkan Prestasi Belajar Kalian, dan Buktikan Kalau Kalian Itu Bisa Menjadi yang Terbaik

256

PALAS (Sumut) ketikberita.com | Kepada murid saya yang ujian 433 siswa untuk semester 1,mulai dari kelas 1 s/d kelas 6 agar serius menjawab pertanyaannya, apalagi khusus kelas 6, karena mereka akan mau tamat sekolah.

Dan menyambut Ujian tahun ini persiapan kami di SDN 0703 udah lumayan maksimal, anak-anak sudah belajar bersama dengan para guru, dan para guru masing-masing wali kelas murid pun sudah memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada para Murid.

Sehingga para murid juga bisa mengetahui pertanyaan yang mana harus difokuskan. Untuk buku pelajaran Semester 1 kami pun juga aman. Pokoknya anak-anak murid kami pun tidaklah bingung lagi ketika saat mau medekati ujian.

Setiap Upacara, Pembina Upacaranya selalu mengatakan janganlah belajar di sekolah saja, tapi juga belajar dirumah, sehingga semakin matang ilmu pelajarannya ketika menghadapi Ujian.

Apalagi khusus kelas 6 diwajibkan belajar yang ekstra untuk menyambut Ebtanas nanti. Tapi untuk kelas 1,2 dan 3,kami ada program Ekskul les pertajam membaca dan menulis, waktunya 2 hari seminggu, setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan pulangnya pukul 4 sore dan hari minggu pukul 8 pagi sampai pukul 10 pagi belajar membaca.

Dan Program ekskul ini kami biayai dari Dana BOS. Kemungkinan besar baru di SDN 0703 yang mempunyai Program seperti itu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SDN 0703 Kecamatan Huragi Rustam Hasibuan (foto).

Ditanya Jurnalis Ketik Berita Com tentang bagaimana perangkingan murid disekolah, Rustam Hasibuan mengatakan bahwa Kurikulum 2013 itu menuntut tidak ada Rangking,tapi dengan managemen berbasis sekolah dan hasil musyawarah dengan dewan guru, rasanya kurang termotivasi begitu juga dengan orang tua sama pendapatnya tidak memotivasi anak. Jadi kebijakan yang kita buat bahwa K 13 itu komponen penilaian itu terbagi 2.

Ditanya lagi oleh Jurnalis Ketik Berita Com tentang objektivitas dalam penilaian, ada tidak di Sekolah SDN 0703 penilaian berbasis Materi daripada kualitas, Rustam menegaskan bahwa disekolah kami tidak berlaku, karena setiap rapat dan setiap Amanat Upacara sudah disampaikan, bahwa semua anak didik tersebut berpeluang untuk menjadi Juara kelas, adapun anaknya dididik di sekolah SDN 0703 bahkan dia sendiri jadi gurunya dan ada guru mempunyai anak familinya sekolah disini,saya sebagai Kepala Sekolah melarang nilainya diangkat-angkat sebagai juara kelas.

Pada hakikatnya di SDN 0703 tidak mengenal anak siapa dia, yang kami kenal kwalitas berfikir dan kemauan belajarnya, dan itu tidak kami tolelir lagi. Makanya sederhana aja kita supaya Pintar dan Cerdas, ada 3 syaratnya. Pertama itu “Belajar”… Kedua itu “Belajar”… Dan Ketiga itu juga “Belajar”…Baru kita bisa membuktikan bahwa kita itu yang terbaik..Ungkap Rustam dengan Senyum(DEWA JARLUB S. SOS/ JAWA-ARAB-LUBIS)