TP PKK Kota Gunungsitoli Sosialisasi PAAREDI di SMP N 2 Dharma Caraka

336

GUNUNGSITOLI (Sumut) Ketikberita.com | Untuk membentuk dan membangun karakter anggota keluarga, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Gunungsitoli melaksanakan sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) di UPTD SMP Negeri 2 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan, Sabtu (05/03/2022).

Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua dalam arahannya menyampaikan bahwa, program PAAREDI merupakan program yang harus disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai unsur, salah satunya melalui unsur pendidikan.

Sosialisasi PAAREDI dimaksudkan untuk meningkatkan peran keluarga dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dengan penerapan pola asuh yang tepat, dengan tujuan mendorong terwujudnya karakter keluarga yang berakhlaq mulia dan bermoral berdasarkan falsafah Pancasila, yang dicirikan dengan watak dan perilaku anggota keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, bertoleran, bergotong royong dan cinta tanah air.

Masih disampaikannya, bahwa ada 5 langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam melaksanakan pola asuh anak yakni menjalin komunimasi dua arah kepada anak, bekerjasama dengan guru-guru, menghilangkan persepsi bahwa pacaran itu penyemangat belajar, memperkenalkan ajaran norma dan nilai agama dan mengawasi penggunaan gawai seperti telepon genggam maupun perangkat eletronik lainnya.

“Harapan kami, sosialisasi ini jangan hanya hari ini didapatkan dan kalau bisa ditindaklanjuti dengan bergandengan tangan bersama tim penggerak PKK, dalam memikirkan remaja-remaja ini agar menjadi remaja yang tangguh dan takut akan Tuhan serta sukses, karena remaja-remaja ini adalah harapan masa depan kita,” ucap Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli.

Sementara Kepala UPTD SMP Negeri 2 Dharma Caraka Riana Zega dalam sambutannyanya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi PAAREDI yang dilaksanakan oleh TP PKK Kota Gunungsitoli akan sangat berguna bagi guru dan siswa di sekolah tersebut.

“Saya berharap, kegiatan ini tidak sampai disini saja, mudah-mudahan ini akan berkelanjutan. Sosialisasi yang disampaikan akan diteruskan dalam mendukung proses pembelajaran. Kegiatan sosialisasi ini akan sangat bermanfaat mendukung anak-anak kita di era digital,terutama disituasi kegiatan belajar mengajar yang dimasa pandemi covid-19 dilakukan secara online ,”ucap Riana Zega.

Adapun narasumber pada sosialisasi tersebut adalah Ketua Pokja I TP PKK Kota Gunungsitoli Ny. Yenti Erwin Mendrofa. Para peserta didik tampak terlihat antusias dalam mengikuti sosialisasi ditandai dengan terjadinya komunikasi dua arah saat diberikan kesempatan melakuan tanya jawab dengan narasumber. Usai pelaksanaan sosialisasi,TP PKK Kota Gunungsitoli, Guru dan Peserta Didik SMP Negeri 2 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan menyanyikan Jinggle PAAREDI. (Wardi)