TNI-POLRI dan Masyarakat Bersihkan Makam Dr. Zubir Mahmud

150

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Dalam rangka meyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI), personel TNI-POLRI dari Koramil 14/Ranto Panjang Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur, Polsek Ranto Panjang Peureulak Polres Aceh Timur bersama masyarakat membersihkan Makam Dr. Zubir Mahmud, tepatnya di Desa Pasir Putih, Kecamatan Rantau Panjang Pereulak, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (15/7/2021).

Bagi masyarakat Aceh Timur, Zubir Mahmud bukan nama yang asing lagi. Dia terkenal pada era tahun 1980-an sebagai salah satu tokoh perjuangan Aceh dalam semangat pengabdiannya dalam bidang kesehatan, dan bagi masyarakat Aceh Timur ia dianggap sebagai pahlawan. Dia meninggal pada pada masa konflik dan Zubir Mahmud adalah putra Teungku Mahmud Ranto Panjang, ulama asal Peureulak.

Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin meyampaikan kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk penghormatan dan kepedulian kepada pahlawan yang sudah berjuang untuk masyarakat.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus menghargai jasa para pahlawan kita,”ujarnya.

Disebutkan, dalam kegiatan bakti sosial itu, sebelum melakukan pembersihan makam, dilaksanakan dulu Do’a bersama oleh Personel Koramil dan masyarakat sekitar yang dipimpin Geuchik Desa Tampak Zalani.

Ia menambahkan, kegiatan ini melibatkan lebih kurang sebanyak 30 orang yang terdiri dari personel Babinsa Koramil 14/Rtp, Personel Polsek Ranto Panjang Peureulak, perangkat Desa dan elemen masyarakat setempat.

Mari kita isi kemerdekaan ini dengan penuh kekompakan, persatuan dan kesatuan demi kemajuan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dirinya juga meminta kepada generasi muda dan seluruh masyarakat untuk tetap teguh terhadap NKRI dalam mengisi kemerdekaan ini, jelas Danramil. (AA)