Tips Memilih Helm yang Sesuai Dapat Digunakan

66

BATAM ketikberita.com | Bagi sebagian besar anggota masyarakat kendaraan bermotor khususnya roda dua memiliki peran penting dalam mendukung aktifitasnya sehari-hari.

Hampir setiap keluarga di perkotaan memiliki setidaknya satu sepeda motor di rumahnya.

Sepeda motor dianggap memiliki keunggulan dari sisi kelincahan dan mobilitas mengingat ukurannya yang relatif kecil serta harganya yang relatif terjangkau.

Berkendara dengan sepeda motor tentu membutuhkan perlengkapan berkendara yang lengkap. Dan hal terpenting dalam bersepeda motor adalah pemakaian helm.

Secara umum, helm di pasaran ada dua jenis yaitu helm full face dan helm half face. Namun perlu diperhatikan beberapa hal saat memilih helm. Seperti yang disampaikan oleh instruktur Safety Riding Capella Honda, Budi Winarto.

“ Hal pertama yang harus perhatikan adalah apakah ada logo SNI pada helm tersebut ” kata Budi, “ Adanya logo SNI pada helm bermakna helm tersebut telah memenuhi standar pembuatan sesuai aturan pemerintah “ lanjutnya.

Setelah memastikan ada logo SNI -berupa emboss dan bukan stiker tempel- pada helm, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran yang sesuai dengan kepala. Tidak kekecilan atau kebesaran.

Cara terbaik adalah dengan mencobanya dan bukan hanya melihat ukuran helm tersebut (M, L, XL atau XXL), karena berbeda produsen cenderung berbeda pula ukurannya. Helm standar pula memiliki visor bening (tidak berwarna).

Memilih helm juga harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Helm full face cocok dipakai untuk touring atau perjalanan jauh, karena desainnya yang melindungi kepala, rahang, dagu dan mulut. Sedangkan jika perjalanan relatif dekat dapat memakai helm half face yang desainnya lebih simpel.

Helm ini cocok untuk segala jenis motor bebek atau matik.

Helm yang memiliki strap atau tali pengikat yang kuat juga wajib jadi pilihan karena diharapkan tidak cepat putus atau rusak.

Atur kelonggaran strap saat memakai helm agar tidak terlalu mencekik atau longgar. Helm yang tidak nyaman dipakai dapat berpengaruh pada cara berkendara dan berpotensi membahayakan.

Yang terakhir sebagai tambahan, boleh dipilih helm yang memiliki fitur tambahan yang berkaitan dengan safety yang lebih baik.

Misalnya warna yang terang atau dapat memantulkan cahaya (reflektif), atau yang memiliki visor ganda (lebih kecil dan berwarna gelap) untuk berkendara saat siang hari untuk mengurangi silau. Namun tetap disesuaikan dengan budget yang tersedia.

“Sebagai informasi, Honda sendiri memiliki koleksi apparel helm eksklusif yang beragam, dan tentunya telah teruji dan tersertifikasi SNI”, kata Budi lagi “ Bisa didapatkan di semua dealer Honda terdekat dan dengan harga terbaik tentunya “, sambungnya menutup pembicaraan. (r/Wati Siagian)