Tips Berkendara Aman Saat Berboncengan Perhatikan Beberapa Hal berikut

188

BATAM ketikberita.com | Pentingnya Keselamatan ketika berkendara tak hanya dibutuhkan bagi pengendara saja melainkan penumpangnya. Sepeda motor khususnya di Indonesia biasanya juga memiliki kapasitas untuk mengangkut penumpang, yaitu sebanyak 2 orang termasuk penumpang dan tidak boleh melebihi dari jumlah tersebut tentunya. Berikut beberapa tips agar berkendara aman saat berboncengan.

Yang Pertama perhatikan tekanan angin pada ban, sesuaikan tekanan angin ban dengan spesifikasi teknis yang tertera pada sepeda motor kita. Biasanya tertera sepesifikasi tekanan angin ban untuk berkendara sendiri dan berboncengan.

Dan ketika berkendara berboncengan tekanan angin ban akan lebih keras karena beban yang juga bertambah.

Kemudian Postur Penumpang juga harus tepat. Ketika dibonceng posisikan tangan kita memegang perut samping pengendara, Posisikan lutut kita sedikit menjepit secara ringan pengendara.

Nah jika sang pengendara bukan Muhrim kita boleh cukup dengan meletakan tangan pada lutut kita saja dan juga lutut kita tidak menyentuh pengendara. Lalu posisi kaki tentunya memijak foot step atau pijakan kaki yang terdapat pada motor dan kita wajib menyeleraskan pergerakan kita dengan pengendara dan sepeda motor tersebut.

Untuk pengendara sebaiknya irama berkendara agar lebih halus dalam melakukan manuver, berakselerasi maupun deselerasi termasuk saat melakukan pengereman, serta juga pada saat pergantian gigi.

Dengan begitu penumpang dapat lebih mudah menyelaraskan pergerakan motor, kemudian hentakan ke belakang yang dialami penumpang akibat akselerasi yang terlalu spontan dan efek gravitasi ke arah depan karena pengereman yang terlalu keras dapat dihindari yang dapat membahayakan penumpang.

“Ibarat Pilot pesawat terbang, ia bertanggung jawab atas keselamatan seluruh penumpang dan crew serta muatannya, begitupun saat berkendara berboncengan maka anda harus #Cari_Aman saat naik motor bertanggung jawab memastikan anda dan penumpang menerapkan tips ini agar tiba ditempat tujuan dengan Selamat” Tutup Christofer Valentino selaku Safety Riding Instructor Main Dealer Sepeda Motor Honda PT. Capella Dinamik Nusantara Kepri. (r/Wati Siagian)