Tinjau Pameran HPN 2023, Edy Rahmayadi Sebut UMKM Bergeliat

167

DELISERDANG (Sumut) ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis meninjau pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Keduanya pun memborong apa yang dijual di setiap stan pameran.

Berbagai kain tenun hingga makanan ringan dibeli keduanya di lokasi pameran yang berada di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, Deliserdang, Jumat (10/2). Sedikitnya ada sekitar 90-an stan dari UMKM, Pemerintah Kabupaten/Kota, media, hingga Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumut, yang menawarkan berbagai produk UMKM, berbagai makanan dan minuman, serta kerajinan dan potensi daerah.

Menurut Gubernur Edy Rahmayadi, selama gelaran HPN 2023, terasa dampak yang positif bagi perekonomian Sumut. Mulai dari UMKM, perhotelan, dan lainnya semua merasakan dampak dari peringatan HPN di Sumut.

“Dengan Hari Pers Nasional di Sumut ini, semua merasakan dampak yang positif, hotel penuh, UMKM bergeliat, sektor wisata juga demikian, tamu-tamu kita juga ke Danau Toba, pastinya berkah,” kata Edy Rahmayadi, saat wawancara di studio mini Radio Republik Indonesia (RRI), di kawasan Pameran UMKM, Lapangan Astaka.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis juga mengapresiasi dukungan seluruh pihak pada HPN 2023. “Terima kasih pada rakyat Sumut yang telah menjadikan HPN terbaik dan terbesar,” kata Nawal.

Selain Edy dan Nawal, tampak juga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membawa istrinya masing-masing berbelanja di stan-stan pameran. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ilyas Sitorus mengatakan, para kepala OPD yang membawa istrinya tersebut agar dapat ikut berbelanja di pameran tersebut.

“Ini bentuk dukungan para Kepala OPD secara langsung pada UMKM kita, mereka membeli apa yang dijual disana,” kata Ilyas.

Selain itu, kata Ilyas, selama tiga hari pameran tersebut berjalan, telah banyak pengunjung yang datang ke pameran tersebut. Bahkan, kata Ilyas, banyak juga tamu dari luar provinsi yang berbelanja oleh-oleh di pameran tersebut.

“Banyak juga tamu kita dari luar kemarin yang berbelanja tenun Sumut, songket Batubara, tenun Karo, Tapsel, banyak yang dibeli, selain itu ada juga yang membeli pernak-pernik HPN seperti kaos dan lain-lain,” kata Ilyas. (er)