Tingkatkan Perekonomian & Kesejahteraan Nelayan, Bupati Gandeng Inverstor Di Bidang Perikanan

43

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Sebagai upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan komoditas unggulan Kabupaten Nias Barat salah satunya sektor perikanan dan kelautan, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menggandeng investor untuk berinvestasi di Kabupaten Nias Barat.

Hal tersebut diketahui melalui keterangan yang disampaikan Bupati Nias Barat saat meninjau dan memimpin langsung pelaksanaan Gotongroyong di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sirombu, Selasa (9/8).

Ia menjelaskan bahwa sebagai bentuk upaya dan kesungguhan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian para nelayan, pihak pemerintah telah mendatangkan investor ke Nias Barat dan dalam waktu dekat pihak investor akan memulai kegiatannya di Nias Barat.

“Yang kita lakukan ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan nelayan. Investor di bidang perikanan dan kelautan dua kali telah datang berkunjung dan melihat potensi perikanan tangkap di Nias Barat dan dalam waktu dekat pihak investor akan memulai aktivitasnya di Nias Barat”, jelas Bupati Nias Barat.

Bupati Nias Barat lebih lanjut menjelaskan bahwa bangunan TPI yang baru saja dibersihkan, akan direhab dan nantinya dijadikan sebagai tempat karyawan dari investor dan juga tempat untuk penjualan ikan.

“Bangunan TPI ini dibersihkan dan direhab. Nantinya akan dimanfaatkan sebagai tempat para karyawan dan juga sebagai tempat untuk pelelangan ikan”, kata Bupati Nias Barat.
Pembersihan bangunan TPI ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat untuk memberi kemudahan kepada investor untuk berinvestasi di Kabupaten Nias Barat.

Sesuai dengan hasil pembicaraan dan kesepakatan pemerintah daerah Nias Barat dengan pihak investor, setelah bangunan TPI dibersihkan dan direhab, pihak investor akan mengirimkan 5 unit kapal penangkap ikan dengan kapasitas 5 GT.

Nantinya, pihak investor akan berkolaborasi dan melatih para nelayan nelayan di Nias Barat untuk menangkap ikan dengan cara yang lebih modern.

“Investor akan mengirim 5 unit kapalnya dan berkolaborasi dengan nelayan kita. Masing-masing kapal akan ikut 5 orang nelayan kita untuk mempelajari bagaimana menangkap ikan dengan cara dan peralatan yang lebih modern”, ujar Bupati Nias Barat.

Berdasarkan pemantauan di lokasi, pembersihan lokasi dan bangunan TPI dipimpin langsung oleh Bupati Nias Barat didampingi Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Forkopimcam Sirombu, Kepala Desa dan masyarakat Desa Sirombu. (Wardiy)