Sukses Dukung Program JKN, Pj Walikota Tebing Tinggi Terima Penghargaan UHC Award 2023

169

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi S.Sos, M.TP menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan, karena Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi yang diterima langsung oleh Pj. Wali Kota Muhammad Dimiyathi karena dinilai sukses mendukung program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan memiliki komitmen tinggi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Tebing Tinggi.

Penghargaan bertajuk “UHC Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Indonesia,” diserahkan langsung oleh Wakil Presiden kepada 22 Gubernur serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota/Bupati dan disaksikan Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

UHC Award 2023 diberikan kepada Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kepada 22 Kepala Daerah Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang dibagi dalam dua sesi, yaitu penyerahan penghargaan kepada Daerah Provinsi dilakukan oleh Wakil Presiden KH. Maruf Amin sedangkan bagi Kabupaten/Kota diserahkan oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin sangat mengapresiasi konsistensi pemerintah daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), khususnya dalam menjalankan intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, yaitu dengan mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program JKN dan meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyampaikan beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik dari peran Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Penyerahan Penghargaan pada hari ini sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari pemerintah dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah menunjukkan kerja kerasnya dan menunjukkan kinerjanya yang luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN,” jelas Menko PMK

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN yang sudah dimulai sejak tahun 2014.

PJ. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi mengatakan penghargaan ini merupakan hasil buah kerjasama dan koloborasi antara Pemko Tebing Tinggi dengan BPJS Tebing Tinggi yang berhasil mengcover 98,88% masyarakat Kota Tebing Tinggi terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami Penjabat Wali Kota Tebing memberikan apresiasi kepada jajaran Pemko Tebing Tinggi dan BPJS Tebing Tinggi yang telah berhasil memperoleh UHC award dalam rangka tercovernya 98% lebih warga Kota Tebing Tinggi yang masuk kedalam jaminan kesehatan Nasional,” ungkap Pj. Wali Kota Muhammad Dimiyathi.

Pj. Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tebing Tinggi agar mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN.

“Oleh karena itu, bagi warga yang belum terdaftar di JKN agar segera mendaftarkan diri melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan agar segera terdaftar dan bisa menjadi peserta JKN,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kadis Kesehatan dr. Muhammad Iqbal, Sp. P, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Direktur RSUD Kumpulan Pane Dr. Irwansyah, Kabag Pemerintahan Setdako Ramadhan Pulungan, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan dr. Derlina Nasution, Kabid Aptika M. Furqon Syahputra, Kasubbag Protokol Faisal Ahmad. (RTP)

Artikulli paraprakPemkab Nias Terima Penghargaan Universal Health Coverage Awards dari BPJS
Artikulli tjetërPemkab Nias Gelar Musrenbang RKPD Sekaligus Menyepakati Permasalahan Pembangunan dan Prioritas