Subuh Berjamaah di Masjid Al Hikmah, Bobby Paparkan Program Masjid Mandiri dan Pembangunan Islamic Center

85

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajecksha salat Subuh berjamaah di Masjid Al Hikmah, Jalan Kiwi, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Sabtu (3/7).

Usai salat dilanjutkan tausyiah dari Al Ustadz H Helmi Nasution. Saat memberikan sambutan, Bobby Nasution mengungkapkan kebahagiaannya dapat melaksanakan shalat berjamaah bersama warga.

Selanjutnya Bobby Nasution memaparkan, Pemko Medan kini memiliki program Masjid Mandiri dan saat ini tengah melakukan persiapan menuju kepada pembangunan Islamic Center.

“Dua minggu setelah dilantik, saya mengumpulkan pejabat di Pemko Medan, saya menceritakan bagaimana cara untuk memakmurkan mesjid, dan Alhamdulillah, sekarang kami punya program Masjid Mandiri,” kata Bobby Nasution.

Kemudian Bobby Nasution menjelaskan, masjid tak hanya menjadi tempat ibadah namun juga dapat berperan untuk memulihkan perekonomian umat dan membangun peradaban. Untuk itu, imbuhnya, program Masjid Mandiri yang dilakukan ini diharapkan bisa menggerakan perekonomian syariah yang bertujuan mengayomi umat.

Dalam menuju Masjid Mandiri, jelas Bobby Nasution, ada 16 kriteria yang harus dipenuhi di antaranya adalah masjid tersebut memiliki koperasi dan legalitas, serfikat lahan maupun bangunan.

” Untuk menuju ke 16 point ini perlu adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, namun Pemko Medan akan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan mesjid seperti membantu mengurus sertifikat masjid ke BPN,serta pengurusan adminsitarsi lainnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Bobby Nasution mengungkapkan, Pemko Medan tengah melakukan sejumlah persiapan untuk membangun Islamic Center. Dikatakannya, membangun Islamic Center bukan hanya fisiknya, namun juga sistemnya, organisasinya dan juga pergerakan peradaban di dalamnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wagubsu H Musa Rajekshah memberikan apresiasi kepada Wali Kota Medan yang memiliki perhatian yang kepada kemakmuran masjid-masjid. Kemudian Wagubsu berharap agar Pemko Medan dapat terus bersinergi dengan Pemprovsu dalam memberikan perhatian kepada para pengurus masjid, hafiz, maupun imam-iman masjid.

“Mudah-mudahan dengan program Masjid Mandiri di Medan, insya Allah bisa memakmurkan masjid juga ulama-ulamanya,” ungkapnya. (er)