Storage Oil Petro Muba Diduga Bergerak Tanpa Izin

438

MUSI BANYUASAIN (Sumsel) ketikberita.com | Dalam bincang intelek bersama tokoh pemuda Musi Banyuasin (Muba) tepatnya dikecamatan Babat Toman, Rico Roberto. SH yang juga sebagai seorang lawyer mengenai izin perusahaan yang ada di kecamatan Babat Toman, dalam hal ini perusahaan subkontrak dari PT. Petro Muba yaitu PDPDE dan KMK (kelompok masyarakat kukui) yang menjadi pertanyaan beliau ketika ditemui awak media adalah :

1. Apakah Storage Oil Petro Muba memiliki izin jual beli minyak mentah.? Yang boleh jual beli minyak mentah itu hanya negara melalui pertamina.

2. Apakah Storage Oil Petro Muba memiliki izin menampung minyak mentah? Yang boleh menampung itu hanya negara melalui pertamina.

Catatan beliau sembari menyimpulkan: Petro Muba itu sekarang bekerjasama dengan dua lembaga, yang pertama Petro Muba bekerjasama dengan KMK (kelompok masyarakat kukui) dan yang kedua Petro Muba kerjasama dengan PDPDE (Storage Oil Petro Muba).

Untuk Petro Muba yang kerjasama dengan KMK itu sah menurut aturan hukum, karena mereka di kontrak oleh pertamina untuk jasa angkut, dengan kata lain Pertamina menunjuk Petro Muba dan kelompok masyarakat kukui berdasarkan wilayah di babat kukui yang titik kordinat sumurnya telah diberikan/ditetapkan oleh pertamina.

Sedangkan Petro Muba yang bekerjasama dengan PDPDE (Storage Oil Petro Muba) itu apakah memiliki kontrak dari pertamina.? Itu menjadi pertanyaan yang sangat mendalam.

Wilayah kerja mereka/titik kordinat sumur minyaknya dimana ? Sedangkan munurut UU Pertamina hanya bisa memberikan satu kontrak ke prusahaan daerah atau koperasi/kelompok masyarakat di setiap wilayah atau daerah, dan itupun wilayah kerjanya harus wilayah kerja yang non aktif dari jangkauan kerja pertamina.

Sedangkan untuk babat dan kukui sudah menjadi wilayah kerja pertamina dan KMK, nah untuk PDPDE dimana lokasi kerjanya bedasarkan titik kordinat yang terdaftar dari pertamina ujar Rico SH sambil bertanya.

Dalam konteks ini Petro Muba harus jelas dong, karena Petro Muba adalah salah satu perusahan daerah yang menjadi Icon dari kabupaten Musi Banyuasin maksudnya jelas disini adalah bagaimana bisa Petro Muba bekerja sama dengan perusahaan yang notabanenya tidak terdaftar dan tidak diketahui oleh pertamina sebagai penampung dan jasa angkut minyak mentah di wilayah babat dan kukui dalam hal ini adalah PDPDE.

Jadi disini rico berharap pertamina menindak tegas apakah Petro Muba secara keseluruhan atau ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjadi pelaku serta pemain di ruang lingkup PDPDE, sebut Rico kepada media.(dd)