Sosialisasi Digitalisasi Pemasaran Pariwisata Provinsi Sumut Di Kabupaten Nias Utara

239

NIAS UTARA (Sumut) ketikberita.com | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumater Utara dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara melaksanakan Sosialisasi Digitalisasi Pemasaran Pariwisata Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Utara.Lotu (20/07).

Dalam Laporan Kepala Bidang Analis Kebijakan Disbudpar Provsu Ibu Nisa menyampaikan Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni Memberikan pemahaman mengenai Digitalisasi Pemasaran Pariwisata dan Sadar Wisata sebagai unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan di tingkat nasional maupun daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Serta Mendorong peran aktif segenap komponen masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya Sadar Wisata bagi masyarakat di sekitar objek wisata serta digitalisasi pemasaran pariwisata menjadi sebuah kunci untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan Wisatawan dalam berwisata.

Dalam sambutan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudparekraf Provsu Ibu Laila Jamila Lubis menyampaikan Provinsi Sumatera Utara memiliki banyak pesona wisata mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga kuliner. Pemerintah Sumatera Utara bekerjasama dengan Instansi terkait dalam memajukan Pariwisata Sumatera Utara dengan berbagai adaptasi, inovasi dan kolaborasi yang dilakukan, seperti pelaksanaan ataupun pendukungan kegiatan pariwisata serta pelatihan dan sosialisasi tentang pariwisata.

Dalam arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara BAZATULO ZEBUA, SE, M.Ec.Dev menyampaikan Jumlah wisatawan yang mengunjungi Destinasi Pariwisata di Provinsi Sumatera Utara meningkat. Dilansir dari data BPS Sumatera Utara Periode Januari – April 2023, jumlah wisman yang berkunjung di Sumatera Utara naik 12.134,26% bila dibandingkan diperiode yang sama tahun 2022, yaitu dari 505 kunjungan pada Januari – April 2022 naik menjadi 61.783 Kunjungan pada periode 2023.

Hal ini tentu berkat kerjasama dari setiap aspek baik Pemerintah maupun instansi lain yang terkait.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pariwisata Disbudparekraf Provsu dan rombongan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara beserta pegawai, dan seluruh peserta sosialisasi. (Wardiy)