Sikapi Keluhan Banjir Di Kelurahan Rengas Pulau, Bobby Nasution Minta Dinas PU Secepatnya Atasi

119

MEDAN ketikberita.com | Usai melaksanakan Sholat Ashar di Musholla Nurul Amal, Jalan Pasar III Timur Lingkungan 24, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (13/2), Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung meninjau drainase di wilayah sekitar. Peninjauan ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang kerap dialami setiap hujan deras turun.

Selain kondisi drainase yang mengalami penyempitan dan penyumbatan, saluran pembuangan air terhalang bangunan tembok serta aliran pembuangannya tidak terkoneksi ke drainase utama. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya banjir. Untuk itu, Bobby Nasution minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Topan OP Ginting yang turut mendampingi dalam peninjauan tersebut segera mengatasi persoalan drainase tersebut.

“Saya minta persoalan drainase ini secepatnya diatasi, sehingga masyarakat tidak merasakan banjir lagi,” kata Bobby Nasution didampingi Dandim 0201/Medan Kol Inf Hindratno Devidanto dan Camat Medan Marelan M Yunus serta sejumlah tokoh masyarakat.

Selanjutnya, Bobby Nasution menyusuri jalan setapak di Lingkungan 25 yang sebagian permukaannya digenangi air karena letaknya diapit rawa-rawa. Melihat kedatangan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut, sejumlah warga langsung mendatangi Bobby Nasution dan meminta agar jalan setapak tersebut ditinggikan agar tidak digenangi air lagi.

Bobby Nasution kembali minta Kadis PU untuk menindaklanjuti permintaan warga tersebut. Di samping meninggikan jalan, Bobby Nasution juga minta agar dibuatkan aliran air sehingga kawasan rawa-rawa tersebut tidak tergenang kembali.

Saat bergerak menuju Gang Misdi Lingkungan 26, Bobby Nasution mendapati ada warga kurang mampu dan salah seorang anggota keluarganya mengalami kelumpuhan. Melihat itu, Bobby Nasution sontak berhenti dan langsung menanyakan kondisi anggota keluarga yang sakit. Setelah itu, Bobby Nasution memberikan bantuan berupa sembako dan uang. Selain itu, sejumlah warga yang berada di sekitar itu juga mendapatkan sembako.

Keluar dari Gang Misdi, Bobby Nasution juga mendapatkan keluhan warga soal penyumbatan drainase di Jalan Pasar IV yang juga memicu terjadinya banjir. Setelah memeriksa drainase, buangan air ke parit utama terputus. Untuk mengatasinya, selain melakukan normalisasi, juga harus dikoneksikan ke parit utama. “Kapan ini bisa diselesaikan? Saya tidak mau ini lama dikerjakan,” tegas Bobby Nasution kepada Kadis PU.

Kadis PU berjanji akan segera mengatasinya mulai Senin (14/2). “Mulai besok, kita akan turunkan tim untuk melakukan survei dan melihat secara detail persoalannya. Setelah itu, langsung kita kerjakan,” janji Topan.

Selanjutnya, mengatasi persoalan banjir yang dialami warga di Lingkungan 24, 25 dan 26, selain melakukan normalisasi drainase, Dinas PU juga akan membuat klep. “Kita juga akan meninggikan jalan setapak yang tergenang air sehingga warga nantinya merasa tenang dan nyaman saat melintasinya,” ungkapnya. (er)