Sigap dan Cepat, Prajurit Marinir Dengan USMC Laksanakan Latihan Evakuasi Medis Udara

133

SITUBONDO (Jawa Timur ) ketikberita.com | Dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (PLATEX) 2024 antara TNI AL, KORMAR dengan USMC/I MEF, prajurit Marinir Indonesia dan USMC melaksanakan latihan Evakuasi Medis Udara menggunakan Helly Panter AS 565 MBE di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Rabu (10/07/2024).

Latihan evakuasi medis udara tersebut diawali dengan pemberian materi pertolongan pertama pada korban tembak pada saat di medan pertempuran oleh dokter dari USMC Chief Aaron. Pertolongan pertama yang dilakukan mulai pemberhentian perdarahan, pemeriksaan fisik korban, penanganan terhadap luka dan evakuasi korban menggunakan Helly.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla, selaku Komandan Satgas Latma Platex 2024 menyampaikan bahwa latihan tersebut selain untuk menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik antara kedua negara yang selama ini terjalin, juga untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga dan menyelamatkan pasukan di medan pertempuran.

“Laksanakan latihan penuh dengan semangat, serap semua ilmu maupun pengetahuan yang diberikan dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan material,” tegas Dansatgas Latma Platex 2024. (r/red)

Artikulli paraprakKPPU Medan Panggil Produsen dan Distributor Terkait Kelangkaan Minyakita
Artikulli tjetërEdukasi Politik, Pokja WHTR Gelar Diskusi Publik Bareng Bakal Calon Wali Kota Tangerang