Sertu Eko Purwanto Sambangi Kakek yang Hidup Sebatangkara

111

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Sertu Eko Purwanto seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Aceh Timur saat anjangsana di Dusun Tani Jaya, Desa Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun tiba-tiba terhenti di depan sebuah rumah yang berukuran 2×3 yang sudah tentu tidak layak huni, dimana kerangka rumahnya dari kayu tanpa tiang utama yang sudah keropos dan hampir rubuh, dinding rumah dari anyaman bambu yang sudah banyak lubang dan atap rumah dengan rumbia yang sudah banyak tak beraturan lagi, sehingga jika ada hujan disertai angin, air hujan masuk kedalam rumah menggugah keprihatinan Sertu Eko Purwanto untuk menyambangi gubug reot tersebut.

Naluri Prajurit nya sebagai abdi negara yang bertugas mengayomi masyarakat membawa diri nya sangat ingin bertemu dengan seseorang yang tinggal di gubuk reot tesebut, Sabtu (14/8/2021).

Naluri Prajurit sejatinya mendorong keinginannya untuk mencari tau siapa yang tinggal di gubuk reot tersebut.

“Saat saya bertanya pada warga setempat ternyata yang tinggal di gubuk reot tersebut seorang kakek benama Bakar yang berusia 77 tahun, beliau dulunya berasal dari Kecamatan Simpang Ulim,” ujar Eko.

Menurut informasi dari ibu Tatik, selaku pemilik lahan yang ditumpangi oleh Kakek Bakar tersebut, semenjak istrinya meninggal 9 tahun yang lalu kek Bakar tinggal sebatang kara, karena tidak memiliki anak. Dan saat ini untuk bertahan hidup, buk Tatik selaku tetangga yang berhati bak malaikat yang mengurus serta memberi makan setiap harinya.

Usai mengetahui keterangan dari masyarakat sekitar, Sertu Eko Purwanto langsung menghubungi Faisal Azmi selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Birem Bayeun, untuk berkoordinasi mengenai bantuan kepada kek Bakar.

Dengan adanya komunikasi yang baik antar aparat pemerintah, bantuan berupa paket sembako juga langsung diberikan oleh Faisal Azmi dan langsung diserahkan kepada kek Bakar oleh Babinsa Ramil 11/Brb Yaang didampingi Dahlan selaku Keplor.

Sebagai seorang Prajurit yang lahir nya dari rakyat, naluri untuk membatu pun di cetuskan Sertu Eko Purwanto kepada Kek Bakar, dan dia bermaksud membedah rumah nya namun kek Bakar menolak dan berkata, “Gak usah, sebentar lagi Allah SWT akan memberi saya rumah yang bagus,” cetusnya.

Bahkan, ketika di tanya mau makan apa, kek Bakar menjawab, “orang tua macam saya mana ada kepingin makan apa apa lagi, satu hari makan sekali aja sudah alhamdulilah,” ujar Eko menirukan ucapan kek Bakar.

Eko juga menambahkan saat ini Geuchik Birem Rayeuk dan warga Khususnya Dusun Tani Jaya telah membangun rumah untuk Kek Bakar secara swadaya masyarakat, akan tetapi belum selesai dikerjakan. Semoga cepat selesai rumahnya, dan Kek Bakar akan langsung kami pindahkan ke rumah yang baru,” tandasnya. (AA)