Sertu Eko Purwanto, Dinsos dan Mantri Tani Beri Motifasi Komunitas Adat Terpencil

21

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Guna meningkatkan perekonomian masyarakat pada bidang pertanian, Babinsa Koramil 11/Birem Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Eko Purwanto digandeng Dinas Sosial Aceh Timur dan Mantri Tani melaksanakan kegiatan Bimbingan Sosial dan Motivasi secara terpadu bagi warga Komunitas Adat terpencil.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Dusun Alue Kinyaran, Gampong Bukit Seulemak, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (21/2/2021).

Kegiatan Bimsos ini diisi tiga materi yang sangat bermanfaat. Pertama adalah materi tentang cara berternak ayam dan sapi oleh Sertu Eko Purwanto. Kedua adalah materi tentang pemanfaatan halaman rumah untuk di gunakan sebagai lahan untuk bercocok tanam oleh Mantri Tani Fazlon Putra. Ketiga Faisal Azmi .ST materi tentang tari budaya.

Dalam kesempatan ini Sertu Eko Purwanto mengatakan kepada warga agar dapat memanfaatkan potensi sumber daya yang ada disekitar lingkungan.“ Sangat banyak sumberdaya disekitar kita dapat dimanfaatkan untuk berternak. Sebagai contoh Sapi, Ayam, Bebek dll”.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan warga KAT dalam mengatasi permasalahan yang ada di lokasi tempat tinggal mereka masing-masing, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga KAT, “jelasnya.

Sedangkan Mantri Tani Fazlon Putra menjelaskan tentang pemanfaatan halaman rumah untuk di gunakan sebagai lahan untuk bercocok tanam, sebagai contoh pelepah pisang sebagai media tanam.

Sementara Faisal Azmi, ST selaku TKSK Kecamatan Birem Bayeun dalam materi nya menyampaikan tentang kebudayaan lokal, yakni tarian adat Tari Saman Gayo Bines yang pernah hilang dari leluhur
dari masyarakat Gayo.

Sebagai TKSK, ia juga akan mengusulkan Tari Saman Gayo Bines ke Kemensos. Dan juga akan memfasilitasi pembangunan sumur bor untuk air bersih di lokasi KAT dan MCK 2 unit untuk kebutuhan masyarakat KAT, yang sumber dananya dari CSR Indomaret, imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dusun Alue Kinyaran Gampong Buket Seuleumak, dan masyarakat Dusun Alue Kinyaran. (AA)