Serma Agus Pastikan Stok Beras Aman Saat Bulan Ramadhan

83

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Disaat memasuki bulan Suci Ramadhan kita dihadapkan dengan suasna wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Oleh karenannya
Babinsa Koramil 21/Madat Kodim 0104/Aceh Timur Serma M. Agus memantau ketersediaan beras di kilang padi di Gampong Matang Kupula Dua, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (25/4/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan demi untuk mengetahui ketersediaan stok beras yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan beras diwilayah Kecamatan Madat pada umumnya, bahkan ada yang disuplai ke kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Timur maupun Kota Langsa. Untuk harga beras per 1 kg berkisar Rp. 10.600. hingga Rp. 10.800.

Saat pantauannya ini, di dapatkan informasi bahwa untuk saat ini stok di penggilingan padi milik Usman mencapai 4,5 ton selama musim panen, imbuh M. Agus.

Masyarakat sekitar umumnya menjual sebagian padi mereka untuk konsumsi dan mengganti biaya operasional saat proses tanam hingga panen dan sebagian lagi disimpan dirumah masing-masing sebagai stok.

“Begini pak Babin, semua hasil panen dari Gampong Matang Kupula Dua sendiri, dalam sekali masa panen dari Gampong ini kurang lebih menghasilkan 283.500 ton,” ujar Usman selaku pemilik kilang.

Lanjut Usman, bahwa padi dikilang nya yang didapat dari panen Gampong Matang Kupula Dua cukup bagus dan berkualitas.

Ia juga mengatakan saya selaku masyarakat merasa senang, apabila Babinsa terus mengawal petani dan terus selalu mengecek langsung kelapangan sehingga dapat menstabilkan stok beras di Gampong binaan, apalagi sekarang di bulan Ramadhan, tutur Usman.

Serma M. Agus menambahkan mari kita berdoa semoga dalam tahun ini petani kita dapat melaksanakan 2 kali musim tanam agar stok padi tetap terjaga, walau mungkin kendalanya sawah kita adalah sawah tadah hujan, tidak menjamin dapat terlaksananya musim tanam selanjutnya, namun demikian diharapkan petani kita menanam tanaman lain agar lahan sawah tetap menghasilkan

Ia juga mengingatkan kepada Usman harus terus menjaga stok padi dan menstabilkan harga beras di Gampong ini, dan tidak lupa pula mengingatkan selalu menjaga protokol kesehatan, karena kita masih dalam masa Pandemi Virus Covid-19, pesan Serma Agus. (AA)