Sergai Ikut Pamerkan Kerajinan Tangan Lokal di RKA

84

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya yang didampingi Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Sergai Ny. Aini Zetara Siregar Adlin Tambunan dan Kadis Disperindag H. Karno, SH, MAP, mengikuti rapat virtual dengan agenda persiapan pameran Rumah Kriya Asri Produk Menday Craft, bertempat di Ruang Data Center Dinas Kominfo, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (02/9/2021).

Di sela-sela kegiatan, Ketua Dekranasda Sergai Hj Rosmaida mengutarakan, rapat yang dipimpin oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Nawal Edy Rahmayadi ini membahas persiapan Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yaitu: Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang.

“Saat ini akibat dampak pandemi Covid-19 perajin produk kerajinan di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara, mengalami kesulitan, baik dalam segi produksi dan pemasaran. Menyikapi hal tersebut Dekranas mencanangkan pameran online di mana di momen tersebut produk-produk kerajinan daerah bisa dipajang,” ucap Rosmaida Saragih sembari menambahkan kalau kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memfasilitasi pemasaran produk kerajinan karya perajin daerah yang terdampak pandemi Covid-19, agar dapat beraktivitas kembali.

Rosmaida melanjutkan, rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan dari bulan Agustus sampai Desember 2021. Semula pameran ini akan diselenggarakan secara offline, katanya, namun karena pandemi yang masih belum sepenuhnya terkendali, maka diputuskan untuk menggelarnya secara daring dengan bekerja sama dengan dua e-commerce, Tokopedia dan Ladara.

“Provsu sendiri mendapat jadwal pameran RKA mulai 1 November sampai dengan 20 November. Rinciannya terbagi ke dalam produk Danau Toba dan Sumatera Utara. Untuk stand Danau Toba akan diisi dengan produk-produk kriya berjumlah 100 pcs dari 7 Kabupaten yaitu Karo, Dairi, Samosir, Simalungun, Toba, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara,” katanya.

Masih lanjut Rosmaida, untuk stand Sumatera Utara akan diisi dengan produk kriya berjumlah 200 pcs dari kabupaten/kota lainnya seluruh Sumatera Utara, termasuk Sergai. Sergai sendiri, sebutnya, memiliki beberapa potensi produk kerajinan yang berkualitas, salah satunya di Kecamatan Pantai Cermin.

“Salah satu galeri suvenir kerajinan tangan berkualitas di Sergai adalah Menday Gallery dan Souvenir yang terletak di Desa Pantai Cermin Kanan, Dusun 3 Gang Serai, Kecamatan Pantai Cermin. Tanggal 20 Agustus lalu, Ibu Nawal sudah berkunjung langsung kesana dan memberi banyak masukan berharga terkait pengelolaan potensi kerajinan tangan di Sergai,” ucapnya.

Terakhir, dirinya berharap pameran online ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta membantu menggerakkan kembali aktivitas para perajin Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. (AfGans)