Serda Novy Haprizal Bersama Petani Binaan Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanam Jahe

120

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Guna meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid 19, Babinsa Koramil 06/Darul Aman Kodim 0104/Aceh Timur Serda Novy Haprizal bersama Bpk. Mukhtar pemilik lahan seluas ± 1 Hektar manfaatkan lahan kosong dengan menanam jahe berlokasi di Desa Alue Dalam, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (18/2/2021).

Jenis jahe yang ditanam adalah jahe unggul dimana jenis ini sangat laris dipasaran dan sangat mudah untuk membudidayakan tanaman jahe ini, ada beberapa tahapan dalam proses penanamannya yaitu perlakuan bibit jahe. Sebelum ditanam bibit, terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman. Perawatan tanaman jahe ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan secara periodik.

Dengan metode penanaman sesuai dengan petunjuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), diharapkan bibit jahe yang sudah kita tanam akan membuahkan hasil yang maksimal, kami dari TNI khususnya Koramil 06/Dam akan terus memotivasi para petani dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga ketahanan pangan khususnya di Wilayah Kecamatan Darul Aman, upaya ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai aparat Teritorial diwilayah binaan, ”tegas Novy Haprizal.

Serda Novy Haprizal juga menyebutkan selain untuk memanfaatkan lahan kosong, tanaman jahe juga sangat bermanfaat apabila diolah untuk meningkatkan imun maupun daya tahan tubuh ditengah penyebaran Covid-19.

Sementara Danramil 06/Dam Kapten Inf Razak mengatakan, pendampingan ini merupakan kepedulian kita TNI kepada masyarakat, sebagai implementasi kemanunggalan TNI dan rakyat, kami bersinergi menjaga ketahanan pangan ditengah situasi pandemi Covid 19 saat sekarang ini.

Mukhtar selaku petani sekaligus pemilik lahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa Koramil 06/Dam yang selalu mendampingi mulai dari pengolahan tanah, pembibitan hingga penanaman, ungkapnya. (AA)