Seminar Tokoh Agama Se-Kabupaten Nias Utara, Kapolres Nias Ajak Umat Menjaga Kerukunan

104

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. menghadiri Seminar Tokoh-tokoh Agama Se-Kabupaten Nias Utara Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kab. Nias Utara di Aula Osseda Kec. Lotu Kab. Nias Utara, Selasa (27/09/2022).

Seminar tersebut mengambil tema “ Kerukunan, Toleransi dan Kesetaraan “, Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. menjadi salah satu Pembicara sebagai Nara Sumber dalam seminar tersebut dengan Materi Paparan “ Peran Kepolisian dalam rangka menjaga Kamtibmas untuk Kerukunan Hidup beragama “.

Lansir dari Humasres, Kapolres Nias menyampaikan, dengan berbagai keanekaragaman yang ada dalam masyarakat terkhusus di Kabupaten Nias Utara baik perbedaan suku, ras, Agama bahwa Polri dalam hal ini Polres Nias selama ini telah mengambil Peran dalam menjaga dan membina kerukunan beragama di Wilayah Hukum Polres Nias bersinergi dengan para tokoh agama, adat, tokoh masyarakat, Tokoh PemudaTokoh Perempuan dan Pemerintahan “, ungkap Luthfi.

“ Upaya yang kita lakukan dalam menjaga dan membina kerukunan beragama melalui kegiatan-kegiatan Kepolsian baik ditingkat Polres maupun Polsek Jajaran termasuk di Wilayah Kabupaten Nias Utara yang terdiri dari empat Kepolisian Sektor yakni Polsek Tuhemberua, Polsek Lahewa, Polsek Alasa dan Polsek Lotu “, Papar Luthfi.

Melalui Peran Personil Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas yang turun langsung ke Lapangan, melakukan silahturahmi dan bimbingan penyuluhan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas tentang kerukunanan beragama baik melalui penyuluhan di Tempat-tempat Ibadah (Masjid dan Gereja), sekolah-sekolah, Warga Masyarakat pada saat ada pertemuan di Balai Desa.

Kami mohon dukungan dari berbagai Pihak baik tokoh agama, adat, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Pemerintahan Sehingga dengan Kegiatan yang dilakukan Polres Nias dan Polsek jajaran ini sehingga kita saling bersinergi mengajak seluruh keluarga dan anggota masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat di Wilayah Hukum Polres Nias khususnya di Kabupaten Nias Utara sehingga menciptakan situasi yang rukun, damai, dan harmonis ”, Harap Luthfi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Nias UtaraAmizaro Waruwu, S.Pd., Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si., Kepala Kesbangpol Nias Utara Rijalmen Mendrofa, S.E., Kakankemenag Kab. Nias Utara Yamamoni, MM., Kasat Intelkam Polres Nias AKP Saksi Tarigasn, Plh. Kasat Binmas Polres Nias IPTU Narson Waruwu, Kapolsek Lotu IPDA Fanema Lase, Ketua FKUB Kab. Nias Utara Pdt. Oklisman Gulo, S.Th., M.Min., M.M., Sekretaris FKUB Kab. Nias Utara Sarozatili Gea, S.Pd., Kepala Paroki Santo Fransiskus Asisi Tuhemberua Pastor Quarinus Sutrisno, SVD., Tokoh-tokoh Masyarakat/Agama Se-Kabupaten Nias Utara, Pengurus dan Anggota MUI Kab. Nias Utara dan Pengurus dan Anggota FKUB Kab. Nias Utara.
(Wardiy)