Sembari Peringati HUT ke-77 RI, DJP Sumut I Catat Penerimaan Capai Rp18,76 Triliun

301

MEDAN ketikberita.com | Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) catat penerimaan bruto mencapai Rp22,42 triliun dan netto Rp18,76 triliun pada bulan Juli 2022. Dengan begitu penerimaan pajak Kanwil DJP Sumut I telah mencapai 78,66% dari target penerimaan baru tahun 2022 sebesar Rp23,84 triiun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi dalam sambutannya pada acara puncak perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) yang sekaligus merupakan penutupan rangkaian Hari Pajak bertempat di Lapangan Parkir Gedung Kanwil DJP Sumut I pada Jumat (19/8).

Eddi menyampaikan juga bahwa pada periode yang sama di Tahun 2021, Kanwil DJP Sumut I mengumpulkan penerimaan pajak bruto sebesar Rp13,57 triliun dan netto sebesar Rp9,10 triliun. Sehingga apabila dibandingkan dalam periode yang sama, maka penerimaan pajak Kanwil DJP Sumut I sampai dengan bulan Juli mengalami pertumbuhan bruto sebesar 65,24% dan netto sebesar 106,15%.

Tak hanya itu, Eddi juga menyampaikan data kepatuhan penyampaian SPT Tahunan hingga 31 Juli 2022. “Untuk SPT Tahunan Orang Pribadi sebanyak 323.997 SPT, dan untuk SPT Tahunan Badan sebanyak 26.826 SPT,” ujar Eddi.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala Kanwil DJP Sumut I melakukan penyerahan piala dan hadiah lomba-lomba yang diadakan selama rangkaian Hari Pajak yang dimulai sejak 14 Juli 2022 kepada para pemenang. Lomba terdiri dari lomba olah raga seperti pertandingan futsal, badminton, catur, voli, panahan, tenis meja dan lomba seni dan bakat seperti lomba tari nusantara, melodi nusantara, anak mewarnai dan peraggaan busana tradisional anak. Seluruh kegiatan lomba diikuti oleh pegawai dan anak pegawai di lingkunan unit kerja Kanwil DJP Sumut I.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Bazaar UMKM Friday Market (FM) Sukamulia dan Lomba 17an yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil DJP Sumut I.

Dalam pernyataan penutupnya, Eddi berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan nilai integritas, profesionalisme, kesempurnaan, sinergi, dan kesempurnaan tiap pegawai sehingga dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik dan mencapai penerimaan pajak 100%. (r/red)

Artikulli paraprakDukung Literasi Digital Segmen Pendidikan, Aulia Rachman: Perlu Inovasi Siswa Kembangkan Bakat
Artikulli tjetërSertu Syamsuardi Cek Harga Sembako Di Pasar Tradisional