Secara Virtual Wakil Bupati Nias Barat ikuti Penyerahan DIPA & TKDD Tahun Anggaran 2022

96

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M., M. Si mengikuti secara virtual penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Istana Negara. Turut hadir mendampingi Wakil Bupati pada kegiatan tersebut Kepala BPKAD Desliman J. Zai, S.Pd, MM dan Sekretaris Bappeda Nias Barat Sonifati Zebua, MM, Senin (29/11/2021).

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyerahkan DIPA dan TKDD TA 2022 secara simbolis kepada beberapa Pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L), maupun secara virtual kepada seluruh Pimpinan K/L dan Daerah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan semua harus tetap waspada karena pandemi belum berakhir dan di tahun 2022 pandemi ini masih menjadi ancaman dunia dan juga ancaman bagi negara kita Indonesia. Antisipasi dan mitigasi perlu disiapkan sedini mungkin, agar tidak mengganggu kesinambungan program reformasi yang sedang kita lakukan, serta program pemulihan ekonomi nasional yang sedang kita laksanakan.

Selain itu, untuk menghadapi ketidakpastian tahun 2022, Pemerintah harus merancang APBN Tahun 2022 yang responsif yang antisipatif dan juga fleksibel, selalu berinovasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi, dengan tetap menjaga tata kelola yang baik.

“Sekali lagi di Tahun 2022 kita harus tetap mempersiapkan diri menghadapi risiko pandemi covid yang masih membayangi dunia dan negara kita Indonesia. Ketidakpastian bidang kesehatan dan perekonomian harus menjadi basis kita dalam membuat perencanaan dan melaksanakan program,” pungkas Jokowi.

Menurut Jokowi, Pemerintah harus menunjukkan aksi nyata terhadap komitmen pada Green dan sustainable ekonomi. Selain itu, APBN Tahun 2022 juga harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural. (Wardiy)