Sebanyak 622 Sarjana IAIN Langsa Di Wisudakan

164

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mewisuda sebanyak 622 lulusan, baik sarjana maupun magister yang di laksanakan di Aula Laboratorium Terpadu kampus setempat pada Rabu (23/3/2022).

Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan kelembagaan IAIN Langsa, Muhammad Suhaili Sufyan dalam laporannya menyampaikan kegiatan wisuda sarjana dan Magister IAIN Langsa hari ini merupakan hasil proses kegiatan akademik satu semester ganjil tahun akademik 2021/2022 yang menghasilkan lulusan sebanyak 622 orang.

Adapun statistik para wisudawan di antaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 224 orang yang terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 45 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 28 orang, Prodi Pendidikan Matematika (PMA) 26 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 30 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 69 orang dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 26 orang.

Sambung Suhaili, Fakultas Syariah sebanyak 113 orang yang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) 54 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) 20 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN) 20 orang dan Prodi Hukum Pidana Islam (HPI) 19 orang.

Kemudian Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah sebanyak 86 orang yang terdiri dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 30 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) 38 orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) 15 orang dan Prodi Ilmu Hadis (IH) 3 orang.

Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 175 orang yang terdiri dari Prodi Perbankan Syariah (PBS) 78 orang, Prodi Ekonomi Syariah (EKS) 55 orang, Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) 29 Orang, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) 13 orang. Sementara untuk Program Pascasarjana sebanyak 24 orang yang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) 1 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) 9 orang dan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 14 orang.

“Untuk hari pertama kita akan mewisudakan 288 mahasiswa dari Fakultas Syariah serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sedangkan untuk hari kedua akan mewisudakan 354 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah serta Program Pascasarjana,” jelas M.Suhaili Sufyan.

Sementara itu Rektor IAIN Langsa Dr H. Basri MA mengutarakan bahwa wisuda merupakan pelantikan pertanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh pendidikan sehingga menjadi sarjana, hal ini adalah suatu keberhasilan atas perjuangan dengan kesungguhan dan penuh pengorbanan atas tantangan yang dihadapi dalam proses pendidikan maka keberhasilan dan prestasi ini merupakan suatu kegembiraan dan kemuliaan dari hasil perjuangan selama menempuh pendidikan.

Lanjut Rektor, dalam hal ini, kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan baik Sarjana maupun Magister atas keberhasilan yang diperoleh dengan berbagai kendala dan tantangan yang hadapi karena dengan ketekunan dan kesabaran telah mengantarkan pada acara puncak akademik yang sangat mulia serta rasa bahagia, baik diri sendiri, kedua orang tua dan semua keluarga.

“Kami juga berdo’a kiranya para sarjana dan Magister yang diwisuda semoga menjadi sarjana yang rendah hati, terus belajar dan berintegritas sehingga menjadi penyejuk hati bagi orang tua dan kebanggaan bagi almamater serta tauladan bagi masyarakat, semoga kesarjanaan ini bisa mengantarkan kepada kehidupan yang lebih baik di masa depan menjadi insan yang selalu berbuat kebajikan dan berguna bagi umat,”tukas Rektor IAIN Langsa.

Rektor juga menambahkan bahwa IAIN Langsa sudah memperoleh beberapa prestasi baik secara nasional maupun regional, diantaranya perangkinan webometric pada Januari 2022 menempatkan Rangking nomor 2 di lingkungan PTKIN Se-Sumatera, Rangking nomor 6 PTKIN seluruh Indonesia dan Rangking ke 81 untuk perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Kemudian juara nomor 2 Anugerah Berita pengawasan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Se-Indonesia tahun 2021, Juara Pertama keterbukaan Publik Tingkat Propinsi Aceh Katagori perguruan Tinggi oleh Kominsi Informasi Aceh, peringkat nomor satu sebagai Kampus Green Metric Pergruan Tinggi Keagamaan Islam Se- Aceh dan sejumlah prestasi lainnya baik yang diperoleh mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan prestasi alumni, termasuk memiliki jurnal terakreditasi sebanyak 14 jurnal sehingga IAIN Langsa mendapatkan posisi yang sejajar dengan perguruan lainnya yang ada di Indonesia, pesan Rektor. (AA)