Sebagian Masyarakat Di Aceh Singkil Kurang Memahami Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Tupoksi Aparatur Desa

73

ACEH SINGKIL Ketikberita.com | Semenjak diberlakukannya Undang – Undang tentang Dana Desa pada tahun 2015 yang silam, sejak saat itu pulalah Kepala Desa Dan Perangkat Desa dituntut untuk melayani masyarakat sebaik mungkin, Kamis (12/8/2021).

Dilihat dari segi tugas Kepala Desa Dan Perangkat Desa sebagian besar masyarakat awam tidak mengetahui apa sebenarnya tugas mereka di desa. Masyarakat hanya mengetahui tugas Kepala adalah meneken surat keterangan, urusan adat, urusan kematian, di saat acara pesta, penyelesaian pertikaian diantara warganya. hanya itulah yang diketahui oleh masyarakat awam di wilayah desa yang mereka tempati. Sedangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri masih banyak Lagi disebutkan.

Sahirudin Pohan Pengurus Organisasi Forum Jurnalis Aceh Singkil mengatakan tentang tupoksi Perangkat desa memang benar semenjak adanya peraturan dana desa ini pada umumnya masyarakat dari kalangan awam belum mengetahui persis tentang apa tugas Kepala Desa dan Perangkatnya. yang diketahui masyarakat hanyalah mengeluarkan surat keterangan saja dan urusan pesta sedangkan tugas lainnya masyarakat belum memahaminya. Ucapnya

Zaman yang serba digital dan moderen rata – rata masyarakat mulai dari kalangan dewasa bahkan sampai tingkat anak – anak sudah pandai menggunakan handphone. Maka dari itu apabila masyarakat dan terkhusus bagi perangkat desa ingin mengetahuinya download saja digoogle ketik saja “Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 84 tahun 2015” tentang tugas aparatur desa, Pungkasnya

Yang lucunya lagi, Sering saya pantau dilapangan jangankan masyarakat dalam suatu desa perangkat desanya pun kurang juga mengetahui apa apa saja tugas mereka sebagai aparat desa. Hal sangat yang mereka tahu masuk kantor habis bulan terima gaji. Hal ini bisa berpengaruh buruk dalam pelayanan adminitrasi terhadap masyarakat.

Terakhir Sahirudin berharap kedepan agar semua aparatur desa yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Singkil agar mempelajari lagi tugas mereka tersebut sebagai perangkat desa, apalagi kita ketahui bersama pada tahun ini berdasarkan Peraturan pemerintah pusat gaji kepala desa beserta Perangkatnya disetarakan dengan gaji ASN golongan II/a. Kenapa demikian, supaya aparat desa tersebut lebih lagi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dikalangan masyarakat Ijah warga Desa Suka Damai, dikonfirmasi mengatakan saat ditanya tentang tugas kepala desa dia mengatakan yang saya ketahui kalau kepala tugasnya hanya mengeluarkan surat keterangan miskin dan surat lainnya, kalau perangkat desanya yang saya tahu hanya masuk kantor duduk santai dikantor habis bulan terima gaji hanya itu yang saya ketahui.

Kalau tugas lainnya saya kurang mengetahuinya karena tidak ada sosialisasinya di desa pada hal anggaran desa sangat berlimpah ruah apa salahnya diadakan sosialiasi tersebut kepada masyarakat. (R84)