Satu Pelaku Pembobol Rumah Diciduk Tim Elang Sakti Satreskrim Polres Tebing Tinggi Dirumahnya, Satu Pelaku Lain Berstatus DPO

168

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Satreskrim Polres Tebingtinggi bersama Tim Jatanras Elang Sakti kembali melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki yang diduga telah melakukan tindak pidana yakni pencurian dengan pemberatan (Curat), Kamis (25/3/2021).

Hal ini dibenarkan Kasubbag Humas Polres Tebingtinggi AKP Josua Nainggolan, yang disampaikannya melalui siaran pers kepada wartawan pada Sabtu siang (27/3/2021) dari Mapolres Tebingtinggi.

Dijelaskan Kasubbag Humas bahwa penangkapan terduga pelaku oleh Tim Elang Sakti, berawal dari adanya laporan seorang korban ke polres Tebingtinggi yakni, Syarifah Hanum (50) warga Jalan Bani Hasyim Lingkungan I, Kelurahan Tebingtinggi Kecamatan Padang Hilir. Bahwasanya rumah korban yang berada di Jakab Jalak Lingkungan I Kelurahan Pinang Mancung Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi telah dimasuki orang, tepatnya Senin (22/3/2021), sehingga pada tanggal (25/3/2021) atas kejadian itu, korban membuat laporan ke Mapolres Tebingtinggi.

Berbekal laporan dari korban, Tim Elang Sakti langsung melakukan penyelidikan, sehingga berhasil menciduk salah satu pelaku berinisial IN alias IIP (32) Tahun, warga Jalan Letda Sujono, Lingkungan I, Kelurahan Teluk Karang, Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi dan satu pelaku lainnya yakni M alias Pesek berhasil buron dan saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), ujar Kasubbag Humas.

mengenai kronologis kejadian, diceritakan Kasubbag Humas bahwa Pada hari Jum’at, (19/3/2021) sekira pukul 02.30 WIB dini hari, IN dan Pesek yang telah janjian akan beraksi, berjalan menuju rumah korban yang telah dijadikan target pencurian. Setibanya di samping rumah korban, kedua pelaku melepaskan kaca nako jendela samping rumah korban sehingga terlepas, Pesek mencongkel jerjak jendela samping menggunakan 1 (satu) buah linggis yang sebelumnya sudah dibawa oleh Pesek.

Kemudian, setelah berhasil masuk kedalam rumah korban, IN dan Pesek langsung mengeluarkan barang-barang curian dari dalam rumah korban ke belakang rumah korban lewat pintu belakang.

Selanjutnya, mereka membawa barang-barang tersebut ke rumah Pesek yang berada tidak jauh dari rumah korban.

Atas kejadian tersebut, korban merasa keberatan dan melapor ke Mapolres Tebingtinggi, sehingga laporan tersebut di tindak lanjuti oleh Tim Jatanras Elang Sakti, yang dikomandoi oleh Kanit Idik I Unit Resum Satreskrim Iptu SPN Siregar, dan melakukan penangkapan terhadap pelaku IN alias IIP yang saat itu berada dirumahnya.

Kemudian Tim Elang Sakti melakukan pengembangan untuk membekuk teman pelaku IN yakni pelaku M alias Pesek, oleh petugas mendatangi rumah Pesek namun tidak ditemukan, hanya ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) unit Kulkas merk Panasonic, 1 (satu) TV 32 Inci merk Changhong, 1 (satu) buah rice cooker dan 1 (satu) ambal warna merah corak bunga-bunga.

Oleh petugas tersangka IN alias IIP beserta barang bukti di bawa ke Mapolres Tebingtinggi, untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang telah diamankan petugas diantaranya : 1 unit Kulkas Merk Panasonic warna hijau, 1 unit Rice Cooker Merk Miyako warna Hijau, 1 unit TV LCD merk Changong warna Hitam, 1 buah ambal warna merah bunga-bunga dan 1 buah linggis berukuran panjang sekitar ± 55 cm yang digunakan kedua pelaku dalam melancarkan aksi curas nya, papar Kasubbag Humas.

Akibat dari perbuatannya, pelaku IN alias IIP dapat dijerat dengan pasal yang dipersangkakan yakni pencurian dengan pemberatan (curat), sebagaimana yang dimaksud dalam rumusan Pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHPidana, ancaman hukumannya diatas 5 Tahun penjara, tutup Kasubbag Humas. (Ardian)