Sambut Hardiknas, Bupati TSO : Mari Kita Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

228

PALAS (Sumut) ketikberita.com | Tanggal 2 Mei diambil dari hari Kelahiran Ki Hajar Dewantara Tokoh Pahlawan Nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Mudah-mudahan Tuhan memberikan kedudukan yang mulia kepada para Pahlawan, khususnya para pejuang Pendidikan.

Kita juga bersyukur bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tanggal 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 mei 2019.

Kalau dilihat dari sudut pandang Pendidikan. Di dalam Pemilihan umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap Warga Negara proses belajar, karena pada hakikatnya adalah Momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan. Dalam hal ini, semakin dewasa dalam berdemokrasi.

Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya, warga Negara yang Demokratis merupakan tujuan Pendidikan Nasional kita. Hal tersebut diungkapkan Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap ( TSO Red-) saat Pidato Memperingati Hadiknas.

Lanjut H Ali Sutan Harahap ( TSO) Undang-Undang Dasar nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional dan Pasal 13 menyebutkan Tujuan Pendidikan Nasional ” Adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi Manusia yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berahlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri. Dan menjadi Warga Negara Demokratis, serta bertanggung jawab”.

Adalah hal yang lumrah, dalam Konstentasi Demokrasi selalu meninggalkan jejak-jejak Residual yang bisa menimbulkan keretakan, bahkan perpecahan. Dalam Momentum seperti ini tanggung jawab Nasional.

Hal senada diungkapkan Kadis Pedidikan Palas Drs Abdurrahim Hasibuan MM bahwa Pendidikan yang maju tidaklah terlepas dari Infrastruktur.

Alhamdulillah untuk Pendidikan sudah terjadi Pembangunan Besar-besaran dalam rangka Menerjemahkan Kebijakan, terutama dari Sektor Pembangunan Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) uang memberikan perhatian khusus pada Pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar Batas Negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, Negara bagian Malaysia.

Lanjut Abdurrahim Hasibuan Perhatian Pemerintah saat ini mulai bergeser dari Pembangunan Infrastruktur ke Pembangunan Sumber Daya Manusia. Kita akui bahwa Kekuatan Negara Indonesia dari Sektor Pendidikan dan Kebudayaan dan menemukan Urgensinya.

Terkait dengan itulah tema hari Pendidikan Nasional pada tahun 2019 adalah ” Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan “.

Dan tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan Erat Pendidikan dan Kebudayaan dalam menciptakan Ekosistem Pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman Kebudayaan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkwalitas demi terwujudnya Indonesia berkemajuan.(DEWA JARLUB S.SOS / JAWA-ARAB-LUBIS)