Salurkan Stimulus Penguatan Ekonomi Pelaku UMKM, Bupati Darma Wijaya Berharap Bantuan Terus Berkembang

215
SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyalurkan bantuan peralatan sebagai stimulus penguatan ekonomi bagi 114 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Sergai, Rabu (3/3/2021).
Bupati H. Darma Wijaya mengatakan bantuan peralatan ini berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah 226 unit.
“Bantuan ini diberikan kepada bapak/ibu sekalian sebagai stimulus. Artinya harus berkembang, harus dimanfaatkan semak simal mungkin.Harus memapu memban tu meningkatkan perekonomian,”ujarnya.
Turut hadir Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karno, Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian.
Lebih lanjut Bupati Darma Wijaya juga menekankan agar masyarakat menanam kan jiwa dagang kepada anak sejak dini. Sebab dengan menjadi pedagang, akan menumbuhkan jiwa pekerja keras, kemandirian dan percaya diri pada anak.
“Jika ingin sukses, jadilah pedagang. Jika ingin kaya, jadilah pengusaha,” tegasnya.
Dirinyapun bercerita saat masih kecil, jika dagang di dirinya sudah tumbuh. Dirinya bahkan pernah berdagang es keliling, telur ayam kampung, jagung, peternak sampai penggalas sawit.
“Rasulullah SAW saja mengajarkan kita untuk berdagang. 99 pintu rezeki dari berusaha. Jiwa enterprenuer harus kita tumbuhkan didiri kita, anak-anak kita,” tambahnya.
Tak lupa Bupati mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.
“Saat ini pandemi covid, akibatnya banyak usaha yang terpuruk. Manfaat kan bantuan ini untuk meningkatkan perekonomian bapak ibu, tapi jangan lupa menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.
Sementara itu Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karno dalam laporannya mengatakan dalam situasi pandemi covid 19 ini, banyak pelaku UMKM yang terdampak,mulai dari sektor perdagang an, industri, transportasi dan lainnya.
“Ini bantuan sebagai stimulus, Diharap kan kemandirian pelaku UKM dapat terwujud dari bantuan ini,”harapnya.
Penerima bantuan stimulus ekonomi ini dibagi di 2 tempat, yakni dikantor Camat Sei Rampah dan di Kantor Desa Pematang Setrak. Di Sei Rampah disalurkan bantuan bagi 76 UKM dengan jumlah bantuan 128 buah. Dan di Desa Pematang Setrak disalurkan bantuan untuk 38 UKM dengan jumlah 98 buah.
“Total ada 114 UKM yang nerima dengan jumlah 226 buah. Bantuan berupa mesin jahit, mesin gulung, mixer, kompor gas, blender dan lain sebagainya.
Lebih lanjut, Kepala Desa Pematang Setrak Suprapto mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Dan akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. (AfGans)