Sahuti Aspirasi Reses, Anggota DPRD SU Yahdi Khoir Serahkan Bantuan Sarana dan Prasaran ke Pelaku UKM

230

BATUBARA (Sumut) ketikberita.com | Bupati Batubara Ir Zahir MAP turut menyaksikan penyerahan bantuan sarana dan prasarana dari dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) provinsi Sumatera Utara bagi 40 pelaku UKM, 8 kelompok usaha bersama (kube) dan 57 koperasi bertempat di kantor DPD Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kabupaten Batubara, Selasa (3/1/2023).

Bantuan yang diserahkan ini, merupakan usulan pokok-pokok pikiran (Pokir) dan aspirasi anggota DPRD Sumatera Utara Ir H Yahdi Khoir Harahap MBA dapil V (Batubara, Asahan dan Tanjungbalai) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) melalui hasil serapan kegiatan reses di masyarakat.

Penyerahan bantuan langsung diberikan kepada seluruh penerima manfaat. Dengan di hadiri, Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprovsu diwakili Ka UPT Pelatihan Keperasi Ongku Siregar, Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Batubara, Kepala Desa (Kades) Tanah Merah M Khoirilsyah, Ketua DPD PAN Batubara Chairul Bariah, Ketua PUAN Batubara Sumiati, Ketua BM PAN Batubara Fahmi SH, Ustad Yusri Sag, Ketua Aisyiah dan seluruh warga penerima manfaat.

Sebelumnya, Yahdi Khoir bekesempatan memeriksa seluruh kelengkapan bantuan yang diberikan, seperti compresoor, grobak kopi, mesin penggiling bakso, mesin jahit, grobak rujak, mesin bordir, mesin bubut, grobak becak,gergaji ukir, bor tangan, mesin gerenda, mesin roter, mesin molar, mesin penggiling bumbu, mesin tahu tempe, rak besi, tool box, kunci shok, pisau pemotong kaca, pahat ukir, bernis, kompor gas, tabung gas, kuali, dandang, meja dan kursi, alat belender jus, sudip, bascom, serokan, mesin pemotong rumput, termos, steling, tenda besi, kursi pangkas lengkap alat cukur dan 1 unit AC.

Dalam sambutannya, legislator PAN berharap dengan bantuan sarana dan prasarana yang diberikan dapat meningkatkan taraf ekonomi para pelaku UKM kreatif, khususnya di Batubara, Asahan dan Tanjung Balai. Membantu menambah pendapatan bagi kelompok dan keluarga serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara merata pasca covid-19.

“Itulah tanggungjawab saya selaku anggota DPRD Sumatera Utara, bagaimana menyerap, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat. Salahsatunya dengan menggedor anggaran yang ada di pemprovsu untuk disalurkan kepada pelaku UKM yang disampaikan saat reses,”ungkap anggota Banggar DPRD Sumut ini.

Lebih jauh Yahdi menjelaskan, bahwa dengan terealisasinya usulan dari pokir dan aspirasi ini, bukti adanya kerjasama dan kolaborasi antara Pemprovsu dan DPRD Sumut. Memabangun sinergisitas yang kuat dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya, terutama dalam pemulihan ekonomi mendukung ‘Sumut Bermartabat’.

“Sampaikan ucapan terimakasi saya kepada pemerintah, khususnya dinas koperasi dan UKM pemprovsu yang telah menyahuti pokir dan aspirasi yang saya usulankan di tahun 2022. Semoga bantuan seperti ini dapat terus ditingkatkan,”ketusnya.

Yahdi juga mengungkapkan, bahwa sebelumnya bantuan budidaya bibit ikan kerapuh juga telah diberikan kepada anak-anak muda yang tergabung kepada kelompok nelayan sebanyak 20 ribu ekor di Desa Masjid Lama Kecamatan Salawi, termasuk bibit ikan gurami kepada kelompok nelayan yang lain. “Alhamdulillah, hasilnya saat ini sudah sangat memuaskan. Dengan ukuran 8 ons hingga 1 kg per ekor,”katanya.

Sedangkan, pokir pada program Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) untuk fasilitas jalan sebesar Rp3,2 miliar tahun 2022 sudah dilakukan. Seperti perbaikan jalan Sepodon, Pulau Ropan, Sukaramai dan kleep penahan air asin senilai Rp200 juta.

“Tentunya, dengan program program ini dapat meningkatkan pembangunan di Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai. Sesuai harapan masyarakat,”ucap anggota komisi D DPRD Sumut ini.

Selain bantuan-bantuan yang telah direalisasikan, tambah Yahdi, ada juga Bantuan Sosial (Bansos) kepada rumah ibadah dan sekolah keagamaan yang sudah diberikan pada Tahun 2022. Ditambah lagi, bantuan di Tahun Anggaran (TA) 2023, yang direncanakan direalisasikan pada APBD induk sebesar Rp2 miliar dan di P-APBD sebesar Rp1,5 miliar dengan total Rp3,5 miliar.

“Semua anggaran bansos hasil pokir saya itu akan diserahkan, kepada masing masing rumah ibadah dan sekolah keagamaan yang ada di kabupaten Batubara, Asahan dan Tanjungbalai,” tegas Yahdi mengakhiri.

Ucapan Terimakasih

Dalam sambutannya, Bupati Batubara Ir Zahir MAP mengucapkan rasa terimakasihnya atas bantuan sarana dan prasaran dari dinas Koperasi dan UKM pemprovsu di Kabupaten Batubara yang berasal dari apresiasi Ir Yahdi Khoir Harahap selaku anggota DPRD Sumut dari fraksi PAN.

“Inilah wujud komunikasi antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam memberikan dampak besar pada pembangunan di daerah. Mendorong tumbuhkebangnya koperasi dan UKM bagi kesejahteraan rakyat,”kata mantan anggota DPRD Sumut ini.

Untuk itu, Zahir berharap anggaran untuk bantuan yang sama dapat ditingkatkan untuk masyarakat Batubara. Sehingga, taraf ekonomi pelaku usaha kecil menegah dapat lebih meningkat.

Bangga

Salahsatu penerima manfaat, Junaidi Saragih mengaku bangga dapat menerima bantuan yang di perjuangkan anggota DPRD Sumut Ir Yahdi Khoir Harahap. Sebab sejak dirintis tahun 2014, dirinya belum mampu menampung tenaga kerja lain yang membutuhkan pekerjaan, karena keterbatasan alat.

“Dengan alat kerajinan ini, kami sangat terimakasih kepada pak Yahdi. Karena, alat yang diberikan akan manambah hasil karya kami dalam membuat maniatur rumah adat lebih cantik dan sempurna,”katanya.

Bahkan, ungkap Junaidi, pihaknya juga sudah dapat menampung tenaga kerja tambahan bagi yang membutuhkan, termasuk pesanan dengan skala besar, seperti guci dari kayu, mangkok kayu dan rumah-rumah adat.

“Untuk lebih lengkapnya bisa datang ke Jalan Desa Krupuk Simpang Jodoh Dusun IV Kabupaten Batubara, atau melalui WA 081362079766 atas nama Junaidi,”ucapnya. (ind)

Artikulli paraprakSah, Sutikno Slamet Jadi Anggota DPRD Kota Tangerang Gantikan Alm Gunawan Dewantoro
Artikulli tjetër#REYSolusiBaru: Proteksi Holistik Rey Hadir di Samsung Gift Indonesia