Safari Gemarikan di Binjai, Nawal Lubis Tekankan Pentingnya Makan Ikan Bagi Pertumbuhan Anak

53

BINJAI (Sumut) ketikberita.com | Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengunjungi Balai Benih Ikan Kota Binjai, Jalan Labu, Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Senin (11/7), dalam rangka Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bagi masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Binjai Nurhayati Simanjuntak dan jajaran, para guru dan murid SD di Binjai Utara, serta sejumlah pejabat setempat.

Dalam arahannya, Nawal Lubis menyampaikan pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari bagi kesehatan, terutama untuk merangsang pertumbuhan anak usia sekolah agar mendapatkan bantuan gizi yang cukup.

“Untuk anak-anak semua, ikan itu adalah makanan bergizi dan banyak manfaatnya. Kandungan dalam ikan itu di antaranya ada omega 3 dan protein tinggi. Jadi sangat baik untuk kalian,” ujar Nawal Lubis di sela tanya jawabnya bersama puluhan murid SD di Binjai Utara.

Nawal yang sempat membuat semacam kuis kepada para murid SD tentang ikan dan kesehatan pertumbuhan anak, juga mengimbau para guru untuk terus mendorong anak didiknya agar gemar makan ikan.

“Jadi para guru harus membimbing anak-anak muridnya, mendorong agar gemar makan ikan. Juga kepada dinas terkait serta Balai Benih, bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya ikan bagi pertumbuhan,” jelas Nawal.

Kaitannya dengan pertumbuhan, Nawal menyebutkan, bahwa masalah stunting (perlambatan pertumbuhan) bisa diatasi dengan mencukupkan gizi bagi anak-anak, sehingga bisa bertumbuh baik secara fisik maupun kecerdasan.

“Mereka adalah anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa. Jadi dengan gizi yang cukup, maka akan lahir generasi cerdas. Apalagi kita di Sumatera Utara, ikan itu banyak. Termasuk program Hatinya PKK, bisa membudidaya ikan air tawar di pekarangan rumah,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kota Binjai Nurhayati Simanjuntak mengapresiasi kehadiran Nawal Lubis di Balai Benih Ikan, Binjai Utara. “Meskipun Kota Binjai tidak berbatasan dengan laut, tetapi tetap bisa memanfaatkan lahan untuk budidaya ikan air tawar. Selain untuk konsumsi langsung (masak), ikan juga dijadikan olahan seperti sale (ikan asap),” sebut Nurhayati.

Karenanya di Kota Binjai, lanjut Nurhayati, budidaya ikan air tawar menjadi program yang mendukung kampanye program Gemarikan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis juga memberikan bingkisan ikan hasil olahan seperti nugget, abon dan steak ikan kepada para murid SD. Ia berharap para orangtua menyiapkan ikan sebagai lauk makan di rumah.

“Nanti minta sama orang tua kalian untuk masak ikan setiap hari. Kalau dimasakkan ikan, dimakan sampai habis ya,” sebut Nawal, lagi sebelum beranjak. (er)