Rumah Kolaborasi Bobby Nasution ‘Serbu’ Medan Area

88

MEDAN ketikberita.com | Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) kembali menggelar Festival Permainan Rakyat. Bekerjasama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kota Medan, kali ini RKBN ‘menyerbu’ Lapangan Barosokai Kecamatan Medan Area.

Dihadiri ribuan massa, kegiatan digelar pada Minggu 20 Agustus 2023 di Lapangan Barosokai Jl Rahmadsyah. Rumah Kolaborasi dan KPOTI Medan meramaikan Medan Area dengan 19 perlombaan permainan rakyat dan olahraga tradisional. Di antaranya permainan gasing, terompah panjang, egrang, egrang batok, bolak-balik balok, gelindingan ban, congklak serta panjat pinang.

Ketua RKBN Muhammad Asril kepada wartawan di lokasi mengatakan, kegiatan di Medan Area merupakan rangkaian Kolaborasi Kemerdekaan memeringati HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Ini inisiatif dari Bang Bobby Nasution beserta relawan dalam rangkaian kegiatan kita di bulan kemerdekaan dan bulan agustus ini adalah bulan permainan rakyat,” kata Muhammad Asril.

Dikatakan Asril, Walikota Medan Bobby Nasution sebagai pemimpin mengajak masyarakat terus melestarikan kebudayaan dan tradisi bangsa Indonesia melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional.

“Melalui permainan rakyat ini kita mengajak semua pihak khususnya generasi dan anak-anak kita untuk melestarikan budaya, mempertahankan tradisi dan kearifan lokal bangsa kita,” kata Asril.

Asril juga menegaskan permainan rakyat dan olahraga tradisional punya banyak dampak positifi luar biasa bagi tumbuh kembang anak. Di antaranya melatih ketangkasan, daya pikir serta kepemimpinan.

“Filosofi permainan congklak misalnya. Kita diajak untuk menabung dan saling berbagi ke sesama. Terompah panjang melatih kebersamaan, kolaborasi dan kepemimpinan. Bolak balik balok melatih ketangkasan dan pola pikir anak. Melalui permainan ini Bang Bobby mendorong agar kita semua peduli generasi,” kata Asril.

Ribuan warga yang hadir di lokasi begitu antusias. Warga menyebut sosok pemimpin yang mau secara konkrit mengajak warganya bergerak dan berbuat hal yang positif khususnya bagi tumbuh kembang anak.

“Adanya kegiatan ini menyatukan persaudaraan kita, karena semua masyarakat berbaur. Apalagi untuk anak-anak muda kegiatan ini sangat positif sekali, agar mereka terhindar dari kegiatan yang negatif seperti narkoba dan ketergantungan gadget,” jelas Sri Hartati, warga Kota Matsum I Medan Area.

Sri Hartati berharap festival Permainan Rakyat ini terus digalakkan. “Ya agar kita tidak kehilangan budaya kita. Dan yang lebih penting lagi kita tidak kehilangan generasi,” kata Sri.

Lurah Kota Matsum I Medan Area, Abdul Razak, SAB, MSi mengapresiasi Walikota Medan Bobby Nasution dan RKBN yang mempercayakan Kelurahan Kota Matsum I sebagai tuan rumah lokasi kegiatan.

“Kami berterimakasih sekali kepada Bapak Walikota Medan. Kepercayaan ini menambah imun dan semangat kami terus berkolaborasi serta bekerja melayani masyarakat mewujudkan visi misi Walikota Medan,” tegas Abdul Razak. (red)

Artikulli paraprakKesenjangan Anggaran Belanja Aparatur dengan Belanja Program dan PAD PUD Disorot
Artikulli tjetërAngka Kemiskinan 8,07 Persen/187 Ribu Orang di Kota Medan, Perlu Penaganan Serius