Resmikan GOR, Wagub Musa Rajekshah Harap Samosir Lahirkan Atlet Berprestasi

178

SAMOSIR (Sumut) ketikberita.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap Kabupaten Samosir melahirkan atlet-atlet berprestasi yang tidak hanya mengharumkan nama kampung halamannya, tapi juga nama Sumut dan Indonesia.

Hal ini disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat meresmikan Gedung Olahraga (GOR) Samosir di Lumban Sihombing, Dusun II, Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, Rabu (29/3). “Kita akan jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2024 bersama Provinsi Aceh, kita harapkan nantinya Samosir punyalah atlet-atlet yang berprestasi untuk membawa nama Sumatera Utara, bisa membawa medali emas dan selanjutnya menjadi atlet nasional untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia,” ujar Ijeck.

Ijeck mengapresiasi perjuangan Bupati Samosir Vandiko dalam mewujudkan Pembangunan GOR dan khususnya warga yang menyumbangkan lahannya untuk pembangunan GOR. “Belum pernah saya dengar kabupaten/kota membangun fasilitas pemerintah yang disumbangkan oleh masyarakat tanahnya. Saya ucapkan terima kasih buat keluarga Sihombing dan Manulang, memang kadang karena ada keterbatasan proyek pembangunan tidak terealisasi, tapi di sini luar biasa. Mudah-mudahan masyarakat bisa juga ikut memberi sumbangsih karena pemerintah memang punya keterbatasan,” papar Ijeck.

GOR ini, lanjut Ijeck, selain menunjang kebutuhan olahraga para atlet, juga bisa menjadi magnet datangnya beragam kegiatan besar yang juga mendatangkan banyak pengunjung ke Samosir. “Saat Pak Vandiko menyampaikan soal pembangunan GOR ini, saya bilang setuju karena kita dalam menjual pariwisata ini juga harus dengan event-event terutama event yang paling muda mendatangkan orang banyak yakni sport tourism,” kata Ijeck.

Diakui Ijeck, menghadirkan acara besar di Samosir selama ini cukup sulit karena kendala gedung. “Samosir ini susah, mau dibuat kegiatan konser-konser musik atau kegiatan besar tak punya gedung, saya kadang kepingin membuat acara-acara di luar dari acara pemerintahan buatnya di Samosir tapi tak ada gedung. GOR ini sudah ada semoga bisa dimanfaatkan juga untuk menarik para pengunjung sehingga PAD Samosir pun meningkat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan kehadiran GOR ini menjadi cita-citanya dan masyarakat. “Ceritanya cukup panjang, GOR ini awalnya akan dibangun pemerintah pusat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, tapi karena satu hal dibatalkan, Tahun 2021 Bapak Wagub datang ke Samosir akhirnya saya mencoba beranikan diri menghadap Wagub memohon untuk dibantu kami komunikasi dengan pemerinah pusat agar proyeknya dimasukkan lagi di tahun 2022,” ujarnya.

Namun lanjut Vandiko, di luar prediksi akhirnya Pemerintah Provinsi Sumut yang membantu sebesar Rp8,8 miliar dari target biaya pembangunan Rp15 miliar. “Tanpa diduga-duga Pak Wagub bilang sampaikan proposalnya ke saya kalau jumlahnya hanya segitu tak perlu sampai ke pusat, dan saya kirim proposal ke Pemprov Sumut dan Puji Tuhan Rp8,8 miliar turun untuk pembangunan GOR ini,” katanya.

Kehadiran GOR ini, lanjutnya, diharap mendorong atlet-atlet dari Samosir bisa berprestasi. “Selama ini saya sedih tidak bisa bicara banyak soal olahraga, karena sarana dan prasarananya tidak menunjang. Atlet-atlet kita yang berprestasi beberapa diambil daerah lain bahkan ada yang ke Sumut.

Semoga dengan hadirnya GOR ini membuat para insan olahraga, atlet-atlet di Samosir dapat lebih bergairah, bisa mencetak berprestasi dan mengharumkan Samosir, Sumut bahkan Indonesia,” tutupnya.

Hadir dalam acara Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta E Siahaan, Danramil Pangururan Kapten Inf Sugiono, Kajari Samosir Andi Adi Kawira dan Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean. (er)

 

Artikulli paraprakBersama 2 Wali Kota & 1 Gubernur, Bobby Nasution Buka Ramadhan Fair Ke-17
Artikulli tjetërMomentum Ramadhan, Jajaran Polsek Bagan Sinembah Gelar Bakti Sosial