Rektor Unsam Monitoring Kegiatan KKN Mahasiswa

128

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Rektor Universitas Samudra (Unsam) Dr.Ir.Hamdani, M.T beserta Tim Monitoring Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsam Periode I Tahun 2022 melakukan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan KKN Mahasiswa yang sedang berlangsung di dua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur, yaitu Kecamatan Peunaron dan Kecamatan Serbajadi di Lokop.

Kegiatan tersebut bertujuan memonitor dan mengevaluasi sejauh mana program yang telah direncanakan oleh Mahasiswa KKN yang telah dijalankan serta kendala yang dihadapi mahasiswa di lapangan. Monitoring dilakukan dengan mengunjungi langsung posko mahasiswa KKN yang berada di dua kecamatan tersebut, Sabtu (12/2/2022).

Kegiatan monitoring dan evaluasi KKN Unsam kali ini dilakukan oleh Rektor beserta Tim yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ketua dan Sekretaris LPPM dan PM, Dekan Fakultas Ekonomi, dan Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi Unsam.

Wilayah Peunaron merupakan salah satu kecamatan di Aceh Timur hasil pemekaran dari kecamatan Serbajadi. Perjalanan ke Peunaron dapat dicapai selama kurang lebih 3 jam dari Kota Langsa dengan menggunakan kendaraan roda 4. Rektor bersama tim berangkat dari Kota Langsa pada pukul 07.00 WIB dan tiba di kecamatan Serbajadi pada pukul 11.30 WIB di Lokop, setelah menempuh perjalanan selama 4,5 jam.

Di Lokop para mahasiswa KKN dari 16 desa telah menunggu di posko kecamatan.Turut hadir para alumni Unsam dan juga warga kecamatan Serbajadi. Setelah bertemu dan berdialog dengan mahasiswa KKN dan alumni Unsam serta warga Lokop, Rektor bersama tim makan bersama dengan Alumni Unsam yang telah disiapkan di rumah warga setempat.

Pada Posko Kecamatan Serbajadi Tim Monitoring bertemu dengan mahasiswa KKN dari 16 Desa yaitu, Desa Lokop, Desa Tualang, Desa Lelis, Desa Ujung Karang, Desa Terujak, Desa Nalon, Desa Jering, Desa Loot, Desa Sekualan, Desa Sunti, Desa Umah Taring, Desa Rampah, Desa Seuleumak, Desa Bunin, Desa Sembuang dan Desa Arul Durin.

Selanjutnya Rektor bersama tim bergerak kembali ke Peunaron untuk memonitor dan mengevaluasi kegiatan KKN di Kecamatan Peunaron. Kunjungan Tim Monitoring KKN Mahasiswa Unsam Periode I Tahun 2022 yang dilakukan di Posko Kecamatan Peunaron, Tim bertemu dengan Mahasiswa KKN dari 4 Desa di Kecamatan Peunaron, yaitu dari Desa Arul Pinang, Desa Bukit Tiga, Desa Peunaron Baru dan Desa Peunaron Lama.

KKN mahasiswa Unsam Periode I Tahun 2022 tersebut, diikuti oleh 187 orang berasal dari 5 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik yang tersebar di 20 Desa yang berlokasi di Dua kecamatan di wilayah Aceh Timur yaitu Peunaron dan Serbajadi. Mahasiswa sudah berada di lokasi sejak 27 Januari 2022 dan penjemputan mahasiswa KKN akan dilakukan pada 28 Februari 2022.

Pada masing masing kesempatan kegiatan monitoring di kecamatan Peunaron dan Serbajadi, Rektor Unsam dalam arahannya mengatakan bahwa sesuai dengan Tema KKN tahun ini adalah “Membangun Desa Dengan Program Satu Desa Satu Produk.”

Harapannya melalui KKN periode I ini mahasiswa terus menggali potensi yang ada di desa, menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat, dan menyampaikan kendala yang ada selama berada di desa. Selain itu kehadiran mahasiswa KKN diharapkan dapat lebih memotivasi anak-anak, terutama dalam meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dan diharapkan adanya saran saran untuk perbaikan dalam melaksanakan KKN Unsam di masa mendatang.

“Sesuai dengan Tema KKN kita kali ini, yaitu program Satu Desa Satu Produk, harapannya program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik, dengan cara menjalin kerjasama dengan masyarakat di desa, tokoh desa, dan alumni – alumni Unsam yang ada di sini.Tanpa kerja sama yang baik kita tidak dapat menggali potensi yang ada di desa dapat segera diselesaikan, mengingat waktu KKN kita tidak lama lagi akan berakhir. Selain itu, satu hal yang penting adalah memotivasi anak-anak dalam hal pendidikan melalui sekolah sekolah,”jelas Rektor.

Rektor juga mengingatkan kembali agar mahasiswa dapat mengisi kegiatan harian selama melaksanakan KKN melalui akun masing masing pada laman https://kknreguler.unsan.ac.id, demikian juga dengan program atau produk yang dihasilkan serta laporan akhir KKN tiap desa dapat dilaporkan melalui laman tersebut. (HMS Unsam/AA)