Rektor Unsam Membuka Kuliah Umum Webinar Bartajuk Penanggulangan Bencana Untuk Misi Kemanusiaan

247

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Rektor Universitas Samudra (Unsam) Dr. Bachtiar Acob M.Pd diwakili Warek bidang Umum dan Keuangan Unsam Dr. Ir. Hamdani, MT membuka kegiatan kuliah umum webinar bertajuk Penanggulangan Bencana Dalam Misi Kemanusiaan pada Senin, (8/3/2021).

Warek II Unsam Dr. Ir. Hamdani, MT menyampaikan, program merdeka belajar-kampus merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa di dunia kerja dengan terobosan mendorong mahasiswa untuk belajar selama tiga semester di luar Prodi pilihannya.

Lanjut Dr. Hamdani, perguruan tinggi melalui tridarma nya memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana, terutama berkaitan dengan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Sebagai perguruan tinggi Unsam sangat berperan untuk menyiapkan mahasiswa unggul yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas dan juga memiliki kepekaan sosial”, tandasnya.

Sementara itu Dr. Teuku Hasan Basri, SPd, MPd selaku Moderator yang juga Ketua Tim Gugus Covid-19 Unsam menyebutkan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 110 orang peserta yang terdiri dari sejumlah dinas dan instansi dari tiga kabupaten/kota yaitu Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang serta sejumlah Dosen dan juga mahasiswa.

Sebagai narasumber Kepala Pusdiklat BNPB Pusat Berton Panjaitan, SKM, MHM, PhD, membahas tentang Penanggulangan Bencana dan Misi Kemanusiaan. Sedangkan Kepala BMKG Provinsi Aceh Djati Cipto Kuncoro, S.Si menyampaikan tentang Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Aceh.

Dosen Universitas Syiah Kuala Bambang Setiawan, ST, M.Eng, Ph.D dalam materinya menyampaikan terkait, Gempa Bumi Kolateral dan Bencananya. (AA)