Rasakan Kesulitan Wilayah NTT, Kasad Wujudkan Program “TNI AD Manunggal Air dan Buka Lahan” di TTS

30

TTS ketikberita.com | Dalam rangka Kunjungan Kerja hari kedua di wilayah NTT, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., meresmikan Program TNI AD Manunggal Air yaitu Pompa Hidram di Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), pada Rabu (31/8/2022).

Di Kabupaten TTS, Kasad bersama rombongan disambut oleh Bupati TTS, Dandim 1621/TTS bersama Forkopimda Kabupaten TTS. Rombongan kemudian menuju lokasi pembangunan Pompa Hidram di Desa Mnelalete yang akan dimanfaatkan penggunaannya untuk mengairi lahan pertanian seluas 35 Hektar.

“Saya sangat konsentrasi terhadap wilayah Provinsi NTT, sebab saya pernah bertugas di Timor Timur dan merasakan bagaimana sulitnya permasalahan akan air maupun pertanian. Apalagi menjalani hidup di TTS sangatlah sulit, penuh keterbatasan khususnya masalah ekonomi di bidang pertanian dan ketersediaan air,” ujar Kasad mengawali sambutannya.

Atas pemikiran tersebut, Kasad mencanangkan Program ‘TNI AD Manunggal Air’ di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai masalah kekurangan air. Hal tersebut direalisasikannya melalui Perintah Harian Kasad yang salah satu butirnya menyebutkan bahwa TNI Angkatan Darat harus hadir ditengah-tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi permasalahan masyarakat.

“Air merupakan sumber kehidupan. Dengan air, maka semua bisa menjadi hidup. Melalui program tersebut, TNI AD hadir ditengah-tengah rakyat. Intinya, TNI Angkatan Darat harus hadir dan dicintai oleh rakyat serta yang lebih penting lagi adalah TNI AD harus lebih mencintai rakyatnya,” ungkap Kasad.

Menyinggung masalah pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi masyarakat, Kasad telah memerintahkan seluruh jajaran TNI AD agar memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah tugasnya melalui kerja sama dengan Pemda setempat. Hasil dari pemanfaatan lahan tidur tersebut diharapkan membantu meningkatkan ekonomi karena akan dibagikan kepada masyarakat.

“Selain Manunggal Air, TNI AD melalui Kodim bekerjasama dengan Pemda Kabupaten TTS juga melaksanakan program ketahanan pangan. Saat ini telah dibuka lahan tidur seluas 53 hektar untuk ditanami jagung. Semoga dengan kegiatan ini memberikan manfaat terutama untuk kesejahteraan masyarakat disini,” tandas Kasad.

Mengapresiasi peresmian Pompa Hidram di Desa Mnelalete, Kasad mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Bupati TTS serta Dandim 1621/TTS dibantu seluruh komponen masyarakat atas sinergitas yang telah terjalin dengan baik untuk menyukseskan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selesai sambutan, Kasad didampingi Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., dan undangan lainnya menandatanganani Prasasti sebagai tanda penggunaan Pompa Hidram. Masyarakat sangat antusias dan bertepuk tangan mengungkapkan rasa syukur bahagia atas dipergunakannya Pompa Hidram tersebut.

Sementara itu, rasa syukur juga diungkapkan Albinus Selan (warga Desa Mnelalete) yang mengatakan bahwa dirinya tidak dapat membalas kebaikan dari Bapak Kasad melalui Kodim 1621/TTS telah mewujudkan mimpinya dengan menyediakan air bagi masyarakat.

“Terimakasih banyak kepada TNI yang telah membantu kami dalam mendukung ekonomi masyarakat dengan membantu mendekatkan air, sehingga kami bisa menanam jagung, sayur-sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Semoga Tuhan yang membalas semua kebaikan ini,” ucapnya penuh bahagia. (Ar/Udy)