Rapat Koordinasi Tindaklanjut Surat Bupati Nias Barat Dalam Dukungan Pengamanan Pelaksanaan Festival Pesona Aekhula

263

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka memastikan keamanan selama pelaksanaan event Festival Pesona Aekhula yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni 2022, Kepolisian Resort (Polres) Nias melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan di Ruang Vidcon Polres Nias, Senin (6/6/2022).

Rapat koordinasi pengamanan Festival Pesona Aekhula tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polres Nias, Kompol SK. Harefa, S.Pd didampingi oleh Kasat Intelkam AKP Saksi Tarigan dan Kapolsek Sirombu Ipda. Osiduhugo Daeli, sedangkan mewakili Pemda Nias Barat dihadiri oleh Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si.

Kabag Ops Polres Nias, SK. Harefa, S.Pd pada kesempatan itu meminta penjelasan dari Pemerintah Kabupaten Nias Barat terkait rencana pelaksanaan event Festival Pesona Aekhula, sehingga pihak kepolisian dapat merencanakan pengamanan event dimaksud.

“Rapat koordinasi ini merupakan tindaklanjut surat Bupati Nias Barat untuk meminta dukungan pengamanan selama pelaksanaan Festival Pesona Aekhula. Kami membutuhkan penjelasan terkait pelaksanaan kegiatan Festival dimaksud, antara lain daftar tamu dan undangan, lokasi pelaksanaan dan run down acara pelaksanaan event, sehingga pihak kepolisian dapat merencanakan pola pengamanan selama pelaksanaan event”, ujar Kabag Ops Polres Nias.

Plt. Kadis Parbudpora, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si pada kesempatan itu mempresentasikan beberapa hal terkait pelaksanaan event FPA dimaksud, mulai dari lokasi kegiatan, jenis kegiatan, daftar tamu dan undangan yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Festival Pesona Aekhula dilaksanakan di 3 lokasi berbeda di Kecamatan Sirombu, yaitu Lapangan Bola Kaki Tetesua Sirombu sebagai lokasi pembukaan dan acara puncak serta pelaksanaan beberapa kegiatan lomba antara lain, lomba kerajinan tangan, aekhula voice dan lomba kuliner. Lokasi kedua yaitu di pantai Sirombu sebagai lokasi pelaksanaan festival layang-layang dan lomba spot foto. Sedangkan lokasi ketiga yaitu kolam pemancingan di Desa Tugalagawu sebagai lokasi lomba memancing”, urai Kadis Parbudpora Imelda Hia.

Imelda pada kesempatan itu menyampaikan bahwa faktor keamanan sangat menentukan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan event Festival Pesona Aekhula.

“Kami sangat mengharapkan dukungan pengamanan dari Polres Nias selama pelaksanaan event. Karena faktor keamanan sangat menentukan suksesnya pelaksanaan kegiatan”, harapnya. (Wardiy)