Puluhan Wartawan Unit Pemkab Sergai Laksanakan Suntik Vaksin Covid-19

222

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Puluhan Wartawan yang bertugas di Unit Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Jumat (19/3) di aula Dinas Pendidikan Sergai di Jalan Negara Sei Rampah.

Kordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai Darmawan, SSos kepada Media usai menjalani vaksin memberikan apresiasi kepada Pemkab Sergai yang telah mengalokasikan vaksin sinovac tahap 1 kepada Wartawan yang bertugas di Pemkab Sergai.

“Sebagai Wartawan yang aktif melaku kan peliputan kita harus extra hati-hati dalam menjalankan tugas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, setelah mendapatkan vaksin ini pastinya Wartawan lebih percaya diri dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19, namun tetap akan menjaga protokol kesehatan”, terang Darmawan.

Diakui Darmawan, setelah menjalani vaksin tidak mengalami gejala yang mengkhawatirkan sehingga vaksin Covid-19 aman dan tidak perlu dikhawatirkan.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit melalui melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P), Liagustina Simamora meng ungkapkan kegiatan vaksinasi tahap dua termin pertama ini ditujukan untuk pelayan publik yang ada di wilayah Sergai, termasuk para Wartawan.

Diakui Kabid P2P, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di beberapa tempat yakni, di Kantor Satpol-PP, Kantor Dinas Pendidikan, Kantor Pemkab Sergai, Kantor Kemenag, Polres Sergai dan Kantor Koramil 10 Sei Rampah.

“Vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 350 vial untuk 3500 dosis penyuntikan dengan sasaran petugas tenaga kesehatan yang belum divaksinasi di tahap pertama, serta untuk pelayan publik”, terang Lia.

Menurut Kabid P2P, pelayan publik yang akan menerima penyuntikan vaksin tersebut antara lain, para pejabat negara beserta Aparatur Sipil Negara (ASN), Anggota DPRD, anggota TNI/Polri, anggota Satpol PP, tokoh agama, tenaga kesehatan, Wartawan serta pelayan publik lainnya dan kegiatan vaksinasi dijadwalkan mulai 16 hingga 21 Maret 2021 dengan sasaran sebanyak 1536 orang pelayan publik.

Meskipun telah menjalani vaksinasi lanjut Kabid P2P, namun tetap diharap kan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5M yakni mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas sehingga dapat memutus mata rantai Covid-19.

“Dengan pelaksanaan vaksinasi ini kita berharap, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai dapat semakin ditekan”, pungkas Liagustina Simamora. (AfGans)