Puluhan Hektar Padi Dipematang Ganjang Diserang Hama Wereng, Petani Keluhkan Pemkab Sergai Tak Peduli

176

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Puluhan hektar lahan pertanian di Dusun III,IV danV Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut) yang ditanami padi lebih kurang berusia 3 bulan diserang hama Wereng Batang Coklat yang menyebab kan padi kering dan mati.

Hama Wereng ini kata Endik (51) warga Dusun V Desa Pematang Ganjang, Selasa (4/8/2020), sudah satu minggu ini menyerang padi yang mau dipanen.

Semestinya padi ini satu minggu kedepan akan dilakukan panen, namun disebabkan hama Wereng, maka terpaksa harus dipanen lebih cepat dari waktunya. Masih kata petani Desa Pematang Ganjang ini, jika tidak dipanen cepat maka padi akan habis diserang hama Wereng dan petani akan mengalami kerugian sangat besar akibat hama tersebut.

Sedihnya, kata Endik didampingi istri Idah, hingga sampai saat ini tidak ada bantuan dari Pemkab Sergai untuk mengatasi hama tersebut. Kini para petani sudah cukup menderita dengan datangnya hama Wereng tersebut.

”Hama Wereng ini telah menyerang padinya sebanyak lebih kurang 1 hektar. Ia sangat berharap Pemkab Sergai berikan bantuan dan dapat mengatasi hama Wereng yang sudah mematikan tanaman padi.”Ungkapnya. (AfGans)