PRSU 2023 kembali Dibuka Juni Mendatang

158

MEDAN – Setelah tertunda selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) akhirnya akan digelar kembali 16 Juni hingga 17 Juli 2023. Hajatan tahunan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, pihak swasta dan para pelaku usaha ini dilaksanakan di Komplek PRSU Jalan Jenderal Gatot Subroto, Medan.

Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) Refli Yuner saat jumpa pers di Ruang Rapat 3 Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (11/5)

“Setelah ditunda selama tiga tahun akibat pandemi, PRSU yang ke-49 tahun dengan tema ‘Berikan Cerita Terbaikmu’, kembali kita buka selama 32 hari sebagai etalase budaya dan pembangunan Sumut,” katanya.

Turut hadir Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu Naslindo Sirait, Staf Ahli PB PON XXI Sumut-Aceh Mayjen Purn Hasyim.

Refli Yuner berharap, event PRSU 49 ini dapat menjadi momen yang baik bagi berbagai permasalahan sosial, ekonomi dan budaya yang dihadapi oleh Sumut, dengan pemberdayaan ekonomi, peningkatan kapasitas diri, dan optimalisasi sosial budaya.

Disampaikan juga, event PRSU yang masih eksis setelah Pekan Raya Jakarta ini akan dilengkapi dengan wahana, hiburan, pameran pembangunan, pertanian, perkebunan, teknologi, perdagangan, investasi, baik pemerintah, BUMN-BUMD maupun pihak swasta lainnya. Tidak hanya itu, PRSU kali ini diwarnai dengan berbagai macam kegiatan komunitas hobi yang turut serta meramaikan PRSU 49.

PRSU 2023 juga akan menjadi stimulus dan promosi pembangunan bagi masyarakat dan stakeholder di Sumut pascapandemi ini. Terkait tema yang diambil PRSU ke-49 tahun ini, harapan tentang perubahan yang lebih baik di banyak sektor kehidupan masyarakat tentu menjadi fokus dari seluruh rangkaian kegiatan yang ada di PRSU. Serta menguatkan kembali rasa optimis masyarakat Sumut setelah tiga tahun pembatasan aktivitas karena pandemi.

“PRSU-49 akan hadir dengan memaksimalkan penyelenggaraannya dan mengangkat potensi-potensi kreativitas yang ada di Sumatera Utara,” jelasnya.

Menurut Refli Yuner, ada yang spesial dalam PRSU tahun ini. Sebab selain diisi dengan kegiatan hiburan, edukasi, wahana dan kuliner, PRSU tahun ini juga akan menjadi sosialisasi event akbar PON XXI tahun 2024.

“Acara hiburan pun nantinya akan dipenuhi dengan artis nasional di antaranya: Gigi, Anji, The Rain, Ungu, Charly & Setia Band dan Good Project Perkusi. Selain itu host beberapa acara podcast, beberapa petinggi nasional juga akan turut memeriahkan PRSU tahun ini. Kemudian jumpa atlet legendaris Indonesia khususnya asal Sumut,” ungkapnya.

Tiket akan dijual seharga Rp20.000 pada hari Senin hingga Kamis. Sedangkan pada Jumat dan Minggu tiket dibanderol dengan harga Rp35.000. khusus untuk hari Sabtu tiket akan dijual seharga Rp50.000 dengan Artis Bintang Tamu tingkat nasional. Sementara tiket rombongan juga memiliki harga spesial.

“Hal ini akan dilayani oleh customer service kami secara online. Disamping itu tiket terusan juga akan ada diberlakukan, yang mencakup satu tiket masuk dengan satu gelang yang berlaku untuk satu hari, dengan warna yang akan berbeda di setiap harinya,” paparnya.

Pekan Raya ini juga menjalankan pembelian tiket selama berlangsung, dari Senin hingga Kamis mulai pukul 14.00 hingga pukul 23.00 WIB. Sementara di akhir pekan akan berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Khusus di hari Minggu akan berlangsung dari pagi hari.

“Harapannya PRSU tahun ini dapat menghadirkan 400 ribu hingga 600 ribu pengunjung selama 32 hari pelaksanaan. PRSU tahun ini juga sekaligus akan menjadi etalase pembangunan Sumut. Semoga event ini berjalan lancar, aman, nyaman dan memberikan pengalaman berkesan serta memberikan hiburan bagi semua orang yang memilih datang ke Pekan Raya Sumatera Utara,” jelasnya. (er)